Follow Us

  • Share

    Token PLN Gagal Terisi? Ini Penyebabnya!

    Penggunaan listrik prabayar merupakan solusi tepat dan efektif untuk mengurangi resiko adanya kesalahan dalam pencatatan penggunaan listrik.

    Selain itu, sistem prabayar memungkinkan penggunanya untuk mengontrol pemakaian listrik sehingga bisa lebih hemat dan tepat.

    Dalam hal ini, pengguna listrik prabayar tidak akan bisa menggunakan energi listrik jika belum membeli voucher listrik di beberapa tempat yang menjual pulsa listrik prabayar, seperti di kantor PLN, kantor Pos, toko pulsa, ATM bank, hingga membelinya secara online.

    Namun, dibalik kemudahan dalam penggunaan listrik prabayar, ada kalanya token PLN justru gagal terisi sehingga menimbulkan masalah atau error pada aliran listrik.

    Bisa dibayangkan angka kWh sudah mencapai limit sementara pengisian token PLN terus gagal maka token listrik akan berbunyi sampai Anda berhasil mengisinya.

    Mau tau kenapa token listrik gagal terisi? Simak langsung jawabannya di bawah ini!


    Penyebab Token PLN Gagal Terisi

    Ada beberapa faktor yang menyebabkan token PLN gagal terisi, berikut ini diantaranya:

    1. Server Mengalami Masalah atau Error

    Dalam hal ini, langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah menunggu hingga server kembali normal agar token bisa masuk ke meter digital.

    2. Salah ID meter

    ID meter bersifat unik dan token yang sudah dibeli otomatis akan terhubung dengan ID meter.

    Jadi, jika Anda salah dalam order dan hal itu dinyatakan valid oleh server maka kemungkinan token tidak bisa masuk ke ID meter. Oleh karena itu pastikan bahwa order Anda sesuai dengan ID meter agar token PLN tidak gagal terisi.

    3. Pemasangan Instalasi Listrik yang Tidak Tepat

    Pemasangan instalasi listrik yang asal-asalan tentunya akan menimbulkan masalah tersendiri.

    Selain kegagalan dalam memasukkan kode token, hal ini juga bisa menimbulkan resiko yang membahayakan seperti korsleting. Jika Anda mengalami hal ini maka sebaiknya segera menghubungi kantor PLN terdekat.

    4. Adanya Masalah Pada Meter Prabayar

    Ada beberapa permasalahan yang muncul pada meter Prabayar, diantaranya jika Anda melihat tulisan “Periksa”, “Cancel”, Logo Relay lepas, Blocked, CTL bahkan Meter mati, maka sebaiknya Anda segera menghubungi PLN 123 dan menjelaskan kondisi tersebut, karena jika tidak maka bisa dipastikan Anda tidak akan pernah bisa mengisi token PLN.

    5. Salah Memasukkan Token Listrik

    Seperti halnya kesalahan pada ID meter, kesalahan dalam memasukkan token listrik bisa menyebabkan pulsa listrik tidak terisi, hal ini dikarenakan token bersifat unik sehingga nomernya harus sesuai.

    Kemungkinan Anda salah dalam memasukkan jumlah digit saat menekan keypadnya, bisa saja digit yang dimasukkan kurang atau bahkan lebih.

    Jika Anda salah atau gagal memasukkan token tersebut selama 3 kali, maka token akan diblocked secara otomatis. Kalau Anda mengalami hal ini, maka sebaiknya segera menghubungi PLN terdekat atau hubungi 123 agar masalah ini bisa teratasi dengan baik.

    6. KWH yang Over Limit

    Jika dalam 1 bulan jumlah yang telah dimasukkan melebihi batas maksimal, maka hal ini pun bisa menyebabkan terjadinya kegagalan token PLN karena kemungkinan KWH Anda over limit.

    Kondisi ini dimaksudkan agar Anda sebagai pengguna bisa menggunakan listrik tersebut sesuai dengan limit yang ada. Selain itu, Anda diharapkan bisa menggunakan listrik dengan lebih bijak dan sesuai kebutuhan.

    Nah, itu dia beberapa hal yang menyebabkan token PLN gagal terisi. Semoga informasi ini bisa berguna untuk Anda, ya!

    Beli Token Listrik

    2 Komentar

    • ainul zaqqi
      May 20, 2021 at 11:07 am

      Gagal dalam melakukan isi token listrik

      Balas Komentar
      • Gabriel Lein
        June 24, 2021 at 9:55 am

        Bagaimana cara mengatasi pengisian pulsa token listrik yg gagal lebih dari 3 X.
        Terima kasih.

        Balas Komentar

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah

    2 Komentar

    • ainul zaqqi
      May 20, 2021 at 11:07 am

      Gagal dalam melakukan isi token listrik

      Balas Komentar
      • Gabriel Lein
        June 24, 2021 at 9:55 am

        Bagaimana cara mengatasi pengisian pulsa token listrik yg gagal lebih dari 3 X.
        Terima kasih.

        Balas Komentar