Follow Us

  • Share

    Tempat Wisata Seru Yang Mesti Banget Anda Kunjungi di Cirebon!

    Banyak tanggal merah tapi bingung yaa mau wisata kemana enaknya? Nah Cirebon pas banget buat Anda yang mungkin ingin berlibur ke tempat yang gak mainstream selain itu murah. Yaa lebih murah dibandingkan dengan Bandung pastinya dan gak akan macet! Kalau Anda suka banget sama wisata berbau alam dan situs sejarah, Sepulsa sudah merangkum tempat-tempat wisata Cirebon yang pas buat Anda! Eh tapi pastikan sebelum liburan Anda sudah membayar segala tagihan agar liburan Anda damai.

    Males ah pergi ke ATMnya! Lho jaman gini bayar-bayar via online dong di Sepulsa, pelopor pembayaran online di Indonesia. Hanya dengan download aplikasi Sepulsa di handphone Anda bisa melakukan berbagai transaksi plus mendapatkan voucher belanja online dan offline seperti Lazada, Zalora, Asmaraku, Restoran Yoshinoya, Chatime, dan masih banyak lagiiiiii!!

    Cirebon Waterland

    Cirebon Waterland

    Gak ada salahnya kita menyegarkan badan yang telah terkena terik matahari Cirebon dengan cara berenang. Iya kita berenang seru-seruan di Cirebon Waterland bersama keluarga dan teman-teman. Gak mau ah nanti aku jadi item! Eh, jangan salah lho sekarang kan kulit item tuh jadi idaman para wanita buktinya banyak artis-artis yang tanning seperti Agnes Monica dan Tara Basro. Istilah gaulnya tuh sun-kissed skin gituloh alias kulit gosong seksi.

    Cirebon Waterland ini adalah waterpark yang berdekatan dengan pantai dan ukuran kolamnya pun besar dan luas lho! Jadi ini tidak hanya buat anak-anak tetapi juga buat dewasa melihat ukuran seluncurannya tinggi. Tapi kalau Anda lagi gak mood untuk berenang, Anda bisa ke area umum untuk makan di food court atau main ATV dan roller coaster mini. Oh iya, Anda bisa membayar tiket masuk seharga Rp300.000 untuk 5 orang saja. Lumayan menghemat Rp50.000 buat makan hihi.

    Cirebon Waterland – Jalan Yos Sudarso, Lemahwungkuk, Cirebon

    Buka dari pukul 7 pagi – 9 malam

    Tiket masuk pool & area umum : Rp60.000

    Tiket masuk area umum saja: Rp35.000

    Gua Sunyaragi

    Gua Sunyaragi

    Siapa yang disini ngerasa Jombi alias Jomblo bingung hayoo? Kalau Anda lagi merasa gundah gulana bingung kapan punya pacar, nah cobain deh main ke Taman Sari Gua Sunyaragi. Tidak hanya Anda belajar sejarah kerajaan zaman dulu kala tetapi siapa tau Anda bisa mendapatkan jodoh pulang dari Gua Sunyaragi. Konon katanya Gua Sunyaragi didirikan ole Pangeran Kararangen. Beliau adalah cicit dari Sunan Gunung Jati dan dibangun untuk tempat peristirahatan dan meditasi Sultan Cirebon.

    Kompleks Taman Sari Gua Sunyaragi terbagi menjadi dua bagian yaitu pesanggrahan dan bangunan gua. Pesanggrahan adalah bagian dengan serambi, ruang tidur, kamar mandi, kamar rias, ruang ibadah, dan lain-lain. Bangunan gua di tempat ini ada 12 buah dan fungsinya pun berbeda-beda.

    Ada yang menjadi tempat menyimpan senjata, untuk bertapa, untuk pos penjaga, dan masih banyak lagi. Nah untuk para jomblo katanya nih ada gua yang membuat Anda enteng dalam perjodohan dan kalau Anda sudah punya pasangan maka akan langgeng pula hubungannya. Nama guanya adalah Gua Kelanggengan. Lalu ada pula batu Perawan Sunti yang katanya kalau Anda pegang, Anda malah seret jodoh! Inget-inget ya nama batunya nanti Anda malah pegang huhu.

    Gua Sunyaragi – Sunyaragi, Kesambi, Cirebon di sisi jalan Bypass Brigjen Dharsono

    Buka mulai 8 pagi – 6 sore

    Tiket masuk : Rp10.000

    Tiket parkir : Rp5.000

    Harga pemandu : Rp40.000-50.000 (bisa ditawar)

    Batik Trusmi

    Batik Trusmi

    Kalau Jawa Tengah memiliki Pekalongan dengan predikat Kota Batik, nah Jawa Barat memiiki Batik Trusmi di Cirebon dengan julukan kota batik. Kawasan Batik Trusmi adalah area dimana Anda bisa membeli batik dan melihat proses pembuatan batik. Disini terdapat toko besar dan toko kecil yang menjual beragam jenis batik dengan berbagai kualitas.

    Anda juga bisa membeli batik grosir di Pusat Grosir Batik Trusmi apabila mau membeli banyak untuk oleh-oleh. Ada jaket, dress, bahkan kemeja batik dengan tema tim sepakbola favorit Anda seperti Manchester United, Juventus, Madrid, dan lain-lain. Jenis batik tulis, print, dan cap semua ada disini dengan harga mulai Rp10.000 sampai belasan juta.

    Batik Trusmi – Sepanjang jalan Trusmi, Cirebon

    Buka mulai jam 8 pagi – 9 malem

    Bukit Gronggong

    bukit gronggong cirebon

    Kalau di Bandung punya Bukit Moko, kalau Cirebon punya yang namanya Bukit Gronggong. Keduanya sama-sama menyimpan romantisme malam hari sambil melihat city lights. Di Bukit Gronggong Anda bisa berwisata seru bersama pasangan atau sama teman-teman sekedar menikmati pemandangan malam hari Kota Cirebon tanpa harus mahal.

    Anda bisa menikmati suasana malam hanya dengan membeli jagung bakar saja di pedagang kaki lima tetapi kalau Anda ingin memanjakan pasangan Anda dengan tempat yang bagus, ajak pacar Anda ke Restoran Klapa Manis. Seperti namanya, niscaya nanti kenangan Anda bersama pacar bakal manis juga. Restoran ini menawarkan pemandangan indah dari lantai 4 dengan lampu-lampu gantung temaram membuat suasana makin romantis-tis-tis!

    Bukit Gronggong – Jalan Cirebon Kuningan, Gronggong Ciperna, Kecamatan Cirebon Selatan

    Buka 24 Jam

    Restoran Klapa Manis buka mulai 11 siang – 10 malam

    Nasi Lengko Pagongan H. Barno

    nasi lengko khas cirebon

    Pada jaman dahulu ketika Indonesia masih dijajah, masyarakat Indonesia mengalami kemiskinan dan sulit bagi mereka untuk mendapatkan makanan yang cukup. Maka dari itu masyarakat Cirebon berkreasi dengan mencampurkan nasi putih, tahu, tempe, toge, dan bumbu pecel kacang lalu diaduk-aduk. Ada yang bilang katanya kata lengko berarti “langka” karena lauknya sedikit saja terus ada pula yang beranggapan lengko itu adalah singkatan dari “lengkap dan ekonomis”. Yah sebut aja ini makanan vegetarian ya biar keren gitu deh.

    Nasi Lengko bisa ditemukan dimana saja di daerah Cirebon. Salah satu tempat makan yang meyediakan menu Nasi Lengko yang terkenal adalah  Nasi Lengko Pagongan H. Barno. Dari review yang beredar, nasi lengko disini terasa lebih fresh karena bahan-bahan sayurnya sangat segar dan bumbu kacangnya pun terasa.

    Nasi Lengko Pagongan H. Barno – Jln. Pagongan 15B, Cirebon 45118, Indonesia

    Buka mulai dari jam 6 pagi – 9 malam

    Harga satu porsi: Rp9.000

    Nasi Jamblang

    Nasi Jamblang

    Sebelumnya kita membahas Nasi Lengko, kini Sepulsa akan membahas tentang Nasi Jamblang di Cirebon. Yang unik dari Nasi Jamblang adalah pembungkusnya dengan daun jati. Pori-pori pada daun jati ini yang membuat nasi akan terus terasa enak dan semakin panas nasi di dalamnya, nanti akan luntur warna kemerahan dari daun jati dan membuat nasi berwarna merah.

    Lauk yang ditawarkan dalam nasi jamblang ini bermacam-macam mulai dari telur asin, perkedel, sambal goreng, tempe, daging, otak sapi, paru, dan masih banyak lagi. Rekomendasi lauk yang enak katanya adalah blakutak yaitu cumi yang masih ada tintanya. Duh dari gambarnya saja jadi lapar nih! Nasi jamblang ini bisa ditemui di sekitaran wilayan Cirebon namun yang paling beken adalah Nasi Jamblang Bu Nur

    Nasi Jamblang Bu Nur – Jalan Cangkring II No. 34, Cirebon

    Buka mulai pukul 6 sore – 2 pagi

    Harga mulai Rp10.000 tergantung lauk yang Anda pilih

    Masjid Agung Cirebon

    Masjid Agung Cirebon via Otonomi

    Masjid Agung Sang Cipta Rasa atau lebih dikenal dengan Masjid Agung Cirebon termasuk masjid tertua di pulau Jawa yang dibangun pada tahun 1480 M semasa dengan jaman Wali Songo menyebarkan agama Islam di pulau Jawa. Konon, masjid ini dibangun dengan mendatangkan 500 orang dari Majapahit, Demak, dan Cirebon dan dirancang oleh Sunan Kalijaga.

    Keunikan masjid ini terletak pada arsitekturnya yang tidak seperti masjid pada umumnya yang memiliki kubah dan menara. Sebagai pengganti kubah, masjid Agung Cirebon menggunakan atap limas khas Jawa yang disebut dengan memolo. Interiornya pun dipenuhi dengan dekorasi kayu ukir antik dan kaligrafi lukis di kaca dengan ayat-ayat Al Quran. Yuk mampir kesini sekalian mendirikan sholat di tempat yang menjadi saksi perkembangan agama Islam di Indonesia.

    Masjid Agung Cirebon – Jl. Jagasatu, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon

    Setu Patok

    Setu Patok

    Hmm pengen ke Sumatera Utara liat danau Toba tapi jauh dan tiket pesawat pun mahal? Ngapain jauh-jauh ada juga lho danau yang mirip dengan Danau Toba di Cirebon yaitu Setu Patok. Di Setu Patok Anda bisa melihat pulau kecil yang berada di tengah danau dan kalau musim kemarau Anda bisa melihat dengan jelas bukit kecil ini.

    Hanya berjarak 20 menit saja dari kota Cirebon, Anda bisa menikmati pemandangan indah Setu Patok. Oh iya, kalau mau kesini disarankan sore-sore pas lagi senja agar Anda bisa melihat sunset cantik bagai di pantai dengan latar Gunung Ciremai. Mantap! Sekarang sudah tersedia fasilitas camping ground dan kolam renang apabila Anda berminat untuk menginap disini.

    Setu Patok – Desa Setupatok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon

    Harga naik boat keliling Setu Patok : Rp20.000

    Telaga Remis

    Telaga Remis via Pergi Dulu

    Sepulsa Mates mungkin masih pengen melihat tempat wisata berbau alam untuk melepaskan kepelikan kota. Untuk yang di Jawa Tengah Anda bisa ke Telaga Warna di Dieng. Jangan berkecil hati warga Cirebon! Cobain deh ke Telaga Remis yang super indah dan syahdu ini. Nama Remis diambil dari kata ‘reumis’ yang berarti tetesan embun. Tapi ada pula yang bercerita bahwa dinamakan remis karena disekitar telaga ini banyak binatang remis.

    Sejarahnya adalah raja Siliwangi sedang melakukan pertapaan di hutan sekitar dan dia merasa haus namun dia hanya melihat tetesan embun saja. Karena itu dia menampung air tetesan ke dalam daun yang dibentuk kerucut, setelah ia merasa dahaganya hilang maka dibuanglah sisa air dalam daun tersebut dengan harapan air tersebut akan menjadi telaga yang akan berguna bagi masyarakat. Telaga Remis sudah masuk ke dalam kabupaten Kuningan namun lebih cepat diakses melalui Cirebon.

    Telaga Remis – Kaduela, Pasawahan, Kabupaten Kuningan

    Harga tiket masuk : Motor Rp1.000, Mobil Rp2.500, mobil roda 6 atau bus Rp5.000

    Hayooo gimana tertarik bukan berkunjung ke Cirebon? Yuk siapkan agenda liburan Anda!

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah