Follow Us

  • Share

    Perhatikan Langkah Berikut Sebelum Membeli Mobil Bekas

    Mobil tidak lagi menjadi barang mewah, sekarang ini kalian tidak perlu memiliki uang yang sangat banyak hanya untuk membeli mobil. Strategi produsen mobil terbilang cukup berhasil karena harga mobil dipangkas sekian rupa menjadi lebih murah, contohnya saja jenis mobil low cost green car (LCGC) yang marak beredar kalian hanya perlu menyiapkan budget sekitar Rp. 114.530.000,00 untuk 1 unit mobil agya toyota E M/T, bahkan mobil cina seperti geely dapatkan kalian bawa pulang dengan harga sekitar 25 jutaan.

    Selain harga mobil yang relatif murah, kini kalian juga dapat membeli mobil bekas yang memiliki performa yang cukup baik, setiap mobil second memiliki harga yang berbeda-beda tergantung dari merk dan spesifikasi, semakin baik spesifikasinya semakin mahal juga biasanya harga yang ditawarkan, keuntungan membeli mobil second adalah harga mobil jauh lebih murah dari mobil baru dan terkadang mobil dijual BU ( butuh uang ) pada kondisi BU biasanya mobil lebih layak untuk digunakan karena alasan penjual hanyalah butuh uang.

    Memilih mobil bekas itu tidak mudah, banyak hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan target mobil yang akan kalian beli dalam keadaan baik, siap pakai dan tidak bermasalah di kelengkapan surat. Pada artikel ini sepulsa akan membahas bagaimana langkah yang perlu kalian tau sebelum membeli mobil bekas.

    Cara memilih mobil bekas sebelum kalian memastikan untuk membelinya

    Penjual harus terpecaya

    Sekarang ini banyak kriteria penjual yang dapat kalian pilih, ada beberapa orang yang lebih suka memilih dahulu target mobil bekas mereka melalui internet, banyak sekali forum jual beli mobil yang ada di Indonesia biasanya setiap hari akan ada penjual mobil berbeda yang memiliki spesifikasi kondisi mobil yang berbeda juga.

    Jika kalian ingin menggunakan cara ini maka kalian harus lebih sering mengamati lapak penjual jadi ketika ada kriteria mobil yang memiliki spesifikasi harga dan kondisi yang sesuai, kalian bisa langsung booking.

    dealer mobil bekas

    Cara lain adalah kalian dapat mengunjungi dealer mobil terdekat, banyak pilihan mobil terparkir dengan spesifikasi yang berbeda. Tentu di dealer kalian harus lebih jeli karena banyak dealer nakal yang tidak memberitahukan kondisi sebenarnya dari mobil yang mereka jual.

    Cek performa mesin

    Mesin adalah hal pertama yang perlu kalian pastikan baik, kerusakan pada mesin akan membuat banyak pengeluaran lain setelah membeli mobil bekas. Walaupun bekas kalian bisa saja mendapatkan mobil bekas dengan kondisi mesin yang masih memiliki performa yang bagus. Ada tips praktis yang dapat kalian coba untuk memastikan mesin mobil masih bagus.

    cek mesin mobil dengan mendengar suara mesin

    • Pastikan suara mesin halus, kalian dapat mencoba cara ini dengan mendiamkan suara mesin normal tanpa ada hentakan gas, jika mesin terdengar halus tanpa ada suara hentakan logam atau benturan lain kemungkinan mesin cukup oke.
    • Tidak oli mesin yang bocor, caranya dengan membuka cap mobil dan memastikan tidak ada rembesan oli atau cairan lain disekitar mesin.
    • Lihat ujung knalpot, cara memastikan pembakaran mobil bekerja dengan baik adalah dengan melihat warna dari asap knalpot, jika terdapat banyak sisa kotoran mesin ada di ujung knalpot ( biasanya berwarna hitam ) maka kondisi pembakaran mesin bisa jadi ada kerusakan.
    • Coba langsung mobil, kalian harus mencoba mengendarai mobil tersebut tes rem, pedal gas, dan perangkat lain yang ada di dashboard. Jika ada kerusakan coba tanyakan dengan penjual biasanya mereka akan menjelaskan penyebab kerusakan. Uji performa mobil dengan tancap gas di track lurus, ini akan lebih mudah idetifikasi kondisi mobil jika ada kerusakan yang tak terlihat sebelumnya.

    Eksterior

    Yang paling mudah di amati dengan mata telanjang adalah eksterior mobil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melihat eksterior mobil.

    cek eksterior mobil

    • Ban mobil masih baik atau sudah gundul / aus
    • Pastikan kolong mobil tidak keropos, masalah membeli bekas adalah banyak kolong mobil yang disulap tampak seperti tidak keropos oleh penjual.
    • Amati dan raba keadaan body mobil, apakah banyak luka dan lecet diseputaran body atau tidak.
    • Pastikan film dan kaca mobil masih bagus tidak retak atau pecah, tidak ada kaca film yang terkelupas di ujungnya.
    • Lampu harus dalam kondisi terang, minta penjual mengganti lampu jika keadaan lampu redup atau mati.

    Interior dan aksesoris

    Yang tak kalah penting adalah interior dan aksesoris, usahakan kalian mendapatkan interior dan aksesoris yang masih original bawaan dari merk mobil tersebut, karena kualitas standar pabrikan biasanya lebih bagus daripada hasil custom. Perhatikan juga apakah banyak kerusakan pada interior misalnya kulit jok robek, AC mati, kondisi audio yang kurang baik, setiap kerusakan akan menentukan harga mobil, kalian jangan ragu untuk menawar harga ketika mengetahui ada kerusakan pada komponen tersebut.

    interior mobil bekas

    Surat lengkap

    Mobil yang menjadi target harus memiliki kelengkapan surat dan pastikan kelengkapan surat asli, karena saat ini banyak sekali beredar mobil curian dilengkapi dengan STNK dan BPKB palsu. Bagaimana cara cek keaslian BPKB mari kita bahas bersama penjelasannya.

    BPKB mobil
    kelengkapan BPKB mobil
    • BPKB asli memiliki ukuran 17 x 12 cm dengan sampul buku yang berbahan kulit dan berwarna biru tua.
    • BPKB asli dilengkapi dengan watermark, serat warna-warni tidak kasat mata, dan benang pengaman hologram untuk mencegah pemalsuan.
    • BPKB motor seperti nomer rangka, nomor mesin, type, nomor polisi, tahun pembuatan,warna kendaraan, tahun pembuatan dan lain sebagainya harus sama persis dengan nomor rangka yang ada di body mobil.
    • Pastikan juga pajak sudah dibayarkan oleh penjual, jika ada penunggakan pajak maka kalian dapat meminta potongan harga untuk membayar pajak tersebut.

    Cek fisik

    Setelah beberapa hal di atas telah kalian lakukan dan kalian benar yakin bahwa mobil ini benar-benar yang kalian ingin beli maka terakhir untuk memastikan bahwa mobil yang kalian beli tidak bermasalah dari kelengkapan surat, ajak penjual untuk melakukan cek fisik di SAMSAT terdekat. Dengan begitu kalian akan tau jika data kelengkapan surat mobil sama dengan nomor rangka dan mesin mobil tersebut. Setelah langkah ini selesai dilakukan, sebenarnya mobil tersebut sudah layak untuk dibeli.

    cek fisik mobil

    Asuransi

    Akan ada nilai lebih jika kalian membeli mobil yang sudah di sertai asuransi, pastikan kalian dapat balik nama asuransi yang telah di gunakan. Paling bagus adalah mencari penjual yang berasal dari kota yang sama dimana kalian tinggal sehingga kelengkapan surat, asuransi dan kebutuhan lain dapat dengan mudah diurus oleh kalian dan penjual langsung.

    Sekian artikel ini dibuat semoga informasi tentang bagaimana cara praktis memilih mobil bekas ini dapat berguna untuk kalian semua.

    Top Up e-Wallet

    1 Komentar

    • Tukang Service AC di Jakarta Selatan
      August 19, 2019 at 2:10 am

      terima kasih infonya, tadinya saya agak takut dan ragu membeli mobil bekas, karena saya punya pengalaman buruk ketika membeli mobil bekas

      Balas Komentar

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah

    1 Komentar

    • Tukang Service AC di Jakarta Selatan
      August 19, 2019 at 2:10 am

      terima kasih infonya, tadinya saya agak takut dan ragu membeli mobil bekas, karena saya punya pengalaman buruk ketika membeli mobil bekas

      Balas Komentar