Follow Us

  • Share

    Yuk, Berburu 10 Oleh Oleh Khas Semarang yang Klasik!

    Semarang, ibu kota provinsi Jawa Tengah, mempunyai ceritanya sendiri; mulai dari beragam tempat bersejarah pada zaman kedatangan Cheng Ho hingga zaman Belanda. Tak hanya itu, kebudayaan lokal bisa Anda rasakan melalui kulinernya yang bisa Anda temukan di setiap sisi kota. Semarang identik dengan lumpia-nya baik yang goreng atau basah, tapi ketika Anda tiba di kota Semarang Anda akan melihat banyak sekali tempat makan yang bisa jadi destinasi wisata kuliner. Menjadikan alasan yang tepat untuk membawa makanan sebagai oleh oleh khas Semarang.

    Sepulsa akan berbagi dengan Anda, oleh oleh khas Semarang yang wajib Anda bawa pulang. Anda akan kaget bahwa Semarang bukan hanya lumpia saja yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh tetapi beragam makanan lezat. Apa saja makanan yang bisa Anda bawa pulang untuk berbagi dengan teman, keluarga atau Anda sendiri? Yuk, lihat list-nya di bawah ini.

    10 Oleh Oleh Khas Semarang yang Klasik!

    1. Lumpia

    oleh oleh khas Semarang

    Makanan ikonik Semarang, berbentuk seperti lumpia pada umumnya ada isian sayuran atau daging dan irisan udang terdapat dalam bungkusan yang terbuat dari tepung terigu. Cara memasak lumpianya pun ada dua jenis yaitu digoreng hingga kecoklatan dan basah (tanpa digoreng). Bersantap lumpia ini nggak lengkap jika Anda memakannya tanpa saus kecapnya.

    Anda bisa menemukan penjual lumpia di seluruh sudut kota Semarang. Salah satu tempat favorit membeli lumpia disana adalah Lumpia Gang Lombok yang terletak di Jl. Gang Lombok No. 11, Semarang.

    2. Bandeng Juwana

    oleh oleh khas semarang

    Surabaya punya Bandeng Asap, Semarang punya Bandeng Duri Lunak yang dikenal oleh masyarakat lokal sebagai Bandeng Juwana. Bandeng Juwana menyajikan berbagai hidangan Bandeng seperti Bandeng goreng dengan selimut yang terbuat dari telur, otak-otak Bandeng, dan lainnya. Toko ini juga menyiapkan Bandeng yang sudah dikemas dan siap untuk dibawa pulang.

    Bandeng Juwana terletak di Jl. Pandanaran No. 57, Semarang.

    3. Tahu Bakso

    tahu bakso bu puji semarang

    Tahu Bakso merupakan makanan yang beberapa dekade terakhir ini naik daun di Semarang. Makanan ini menjadi cemilan favorit karena rasanya yang enak. Tahu Bakso terdiri dari tahu yang diisi dengan adonan bakso lalu dimasak hingga matang baik dengan cara menggoreng atau merebus. Biasanya, orang-orang menikmati tahu bakso ini dengan memakannya bersama cabe hijau.

    Salah satu Tahu Bakso yang terkenal adalah Tahu Bakso Bu Pudji yang terletak di Jl. Diponegoro No. 14, Ungaran, Semarang.

    4. Wingko Babat

    oleh oleh khas semarang

    Sebuah kue klasik di Semarang, Wingko Babat, tidak pernah dilewatkan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Bagi Anda yang baru saja mendengar nama kue ini; berbentuk bulat, berwarna sedikit kecoklatan, dan terasa gurih. Rasa gurih dalam Wingko Babat berasal dari bahan dasarnya yaitu kelapa muda.

    Anda bisa membeli Wingko Babat di pusat oleh-oleh di Semarang.

    5. Roti Brilian

    oleh oleh khas Semarang

    Bentuk Roti Brilian mirip dengan kue lapis surabaya umumnya. Rasanyanya yang lembut, gurih, dan manis serta taburan almond membuat roti ini menjadi oleh oleh khas Semarang wajib dibawa pulang.

    Anda bisa membeli Roti Brilian di Istana oleh-oleh Brilian yang terletak di Jl. Simpang Lima, Semarang.

    6. Roti Ganjel Rel

    oleh oleh khas semarang

    Ada sebuah cerita dibalik nama roti yang berwarna coklat kemerah-merahan ini; bentuknya yang lebar mirip ganjelan di rel kereta api. Walaupun namanya sedemikian pula, Anda harus mencoba rasanya yang unik ini. Terbuat dari tepung tapioka, santan, air nira, gula, kayu manis dan taburan biji wijen. Teksturnya yang lembut untuk disantap sebagai cemilan ataupun bersamaan dengan teh hangat.

    Anda bisa membeli Roti Ganjel Rel di berbagai pusat perbelanjaan oleh-oleh di Semarang.

    7. Moaci Gemini

    oleh oleh khas semarang

    Setiap daerah punya mochi khas masing-masing. Moachi Gemini, mochi yang terkenal di Semarang, berbentuk bulat dengan taburan wijen yang berisi potongan kacang dengan gula. Jangan khawatir, mochi ini tidak mengandung bahan pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi.

    Anda bisa menemukan Moaci Gemini di beragam pusat perbelanjaan oleh-oleh di Semarang.

    8. Kue Sarang Madu

    oleh oleh khas semarang

    Kue khas Semarang bagi kamu yang suka manis-manis. Jajanan ini sering disebut kue sarang madu bentuknya seperti sarang burung dengan taburan laurtan gula merah diatasnya. Berbahan dasar tepung beras, santan dan gula merah. Kalau Anda membawa ini sebagai oleh-oleh sebaiknya Anda membawanya dengan hati-hati agar tidak remuk.

    Kue Sarang Madu bisa Anda temukan di berbagai pusat oleh-oleh di Semarang.

    9. Tumpi

    oleh oleh khas semarang

    Peyek biasanya ditaburi teri atau kacang tanah. Tapi ini beda, tumpi itu peyek dengan taburan kacang hijau dan rasanya manis. Jika Anda suka makan apa aja dengan krupuk, cobain deh peyek satu ini. Anda hanya menemukan peyek ini di Semarang.

    Tumpi bisa Anda beli di berbagai pusat oleh-oleh di Semarang.

    10. Batik Semarangan

    oleh oleh khas semarang

    Setiap daerah punya cara sendiri mengolah batik. Yang membuat Batik Semarangan berbeda dengan batik lainnya adalah motif khas kota ini; gambar Tugu Muda Semarang, Lawang Sewu, Gereja Blenduk dan Landmark (tempat penting) lainnya di Semarang.

    Sekarang udah ada ide mau bawa pulang apa aja sebagai oleh oleh khas Semarang untuk teman, kerabat, dan keluarga.

    Tunggu dulu, Sebelum berpisah dengan Kota Semarang yang kental akan sejarah, surga kuliner, dan oleh-oleh yang menghangatkan kenangan, Anda mungkin ingin menyantap lumpia atau makanan khas semarang lainnya.

    Mau cari info online tentang kuliner Semarang nggak perlu pusing kalau paket datamu akan menipis. Sepulsa ada terus kok di gadget Anda dan Anda bisa beli paket data online hanya dengan beberapa klik. Biar lebih akrab, Anda bisa download aplikasi Sepulsa di Google play dan App Store.

    Semoga pengalam Anda berwisata dan berkuliner ria di Semarang menyenangkan ya.

    Seamat berbelanja oleh-oleh, Sepulsa Mate!

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah