Follow Us

  • Share

    Pikirkan Hal ini Sebelum Memilih Kredit Mobil Baru atau Bekas

    Memiliki mobil bagi beberapa orang mungkin bukan suatu hal sulit, terlebih jika kalian merupakan bagian dari orang yang memiliki materi berkecukupan.

    Bagi kalian yang memiliki kondisi keuangan pas-pasan pun kini kalian tak perlu lagi khawatir karena setiap sales kendaraan akan menawarkan pilihan kredit dalam jangka waktu tertentu yang bisa kalian sesuaikan dengan budget.

    Kredit yang diberikan mereka sangat variatif mulai dari 1 tahun hingga 5 tahun masa kredit, tentunya semakin lama jangka waktu yang kalian ambil untuk kredit maka semakin besar bunga yang akan kalian terima, hal ini tentu harus dilakukan dengan cara memenuhi berbagai persyaratan yang ditetapkan oleh lembaga pembiayaan yang akan digunakan nantinya.

    Masalahnya masih banyak orang yang ingin kredit mobil, entah dipakai sendiri atau meraup pendapatan sebagai driver GoCar, namun uangnya tidak cukup. Ini bukan penghalang untuk kalian membeli mobil, karena mobil bekas dengan kualitas yang tak kalah bagus sudah banyak diperjual-belikan.

    Terlebih lagi kini mobil bekas yang kalian targetkan juga dapat di kredit melalui perbankan atau jasa pinjaman. Sebagai seorang calon kreditur, kalian pastinya tidak ingin mengalami sejumlah masalah dan bahkan kerugian atas pengajuan kredit yang akan dilakukan, jadi pertimbangkan dengan sesama sebelum membeli mobil bekas dengan kondisi keuangan kalian sekarang ini. ( baca : Perhatikan Langkah Berikut Sebelum Membeli Mobil Bekas )

    Kedua kondisi mobil ini tentu akan memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Apapun kondisi mobil yang akan Anda kredit mau bekas atau baru, tentu kalian harus mengerti manfaat antara pinjaman kredit melalui perbankan atau jasa pinjaman, nah simak beberapa poin di bawah ini mengenai perbedaan antara kredit mobil bekas dan baru sebagai bahan pertimbangan:

    Besaran DP

    Karena peraturan dari Bank Indonesia ( BI ) maka uang muka yang harus dibayarkan untuk pengajuan kredit adalah 25%-30% dari total harga barang, maka jika kalian membeli mobil dengan harga 200juta misalnya maka kalian harus membayarkan uang muka sebesar 50jt – 60jt.

    Untuk kalian yang memiliki dana terbatas maka kalian harus menabung terlebih dahulu atau memilih alternatif pilihan mobil dibawah 150jt untuk mendapatkan harga DP yang kecil juga, pilihan yang tepat untuk harga mobil dibawah 150jt ialah mobil bekas atau mobil LCGC.

    jumlah DP mobil

    Tipe mobil

    Carilah tipe mobil yang sesuai kebutuhan keluarga, jika kalian masih single dan tidak membutuhkan mobil yang memiliki kapasitas banyak untuk mengangkut orang banyak atau barang maka mobil hatchbag adalah pilihan yang tepat.

    Tetapi jika kalian memiliki keluarga dengan anggota keluarga yang banyak terlebih lagi keluarga suka traveling maka pilihan yang tepat tipe mobil MPV dan SUV.

    Sebenarnya setiap pabrikan mobil memiliki banyak varian tipe yang disesuaikan dengan kebutuhan customer, oleh karena itu inilah tugas kalian sebagai smart buyer mencari tau lebih dalam mobil apa yang ingin kalian beli, apakah sesuai dengan kebutuhan kalian dan berapa budget yang mesti dikeluarkan untuk membeli mobil tersebut.

    tipe mobil

    Total biaya leasing dan dealer

    Hampir rata-rata leasing akan mengambil bunga sekitar 20% dari harga jual mobil, maka awal kalian perlu memperhitungkan total biaya DP dan angsuran yang akan kalian bayar dan membandingkan harga setiap leasing yang berbeda-beda.

    Carilah leasing atau dealer yang memberikan total biaya paling rendah dan tentunya leasing yang kalian pilih harus dapat dipercaya. Saat membeli mobil bekas kalian juga dapat mengajukan pinjaman ke leasing, siapkan dokumen yang diperlukan leasing.

    leasing dan dealer mobil

     Asuransi

    Bagi kalian pembeli mobil baru maka lebih mudah untuk kalian memilih asuransi mana yang akan kalian pilih, tetapi ini akan menjadi masalah jika kalian ingin membeli mobil bekas terlebih jika mobil bekas yang kalian minati berumur terlalu lama maka biasanya polis asuransinya sudah berakhir, walaupun kalian dapat mengajukan polis asuransi baru untuk mobil bekas kalian.

    asuransi mobil

    Harga jual mobil

    Pikirkan baik-baik mobil yang akan kalian beli, jika kalian menginginkan harga jual mobil juga akan tinggi saat dijual kembali maka pilih mobil dengan pabrikan jepang karena harga jual mobil akan tinggi saat kalian merasa bosan dan ingin menjualnya, merk yang sering menjadi pilihan banyak orang Indonesia adalah honda dan toyota.

    Mirisnya pabrikan mobil yang telah saya sampaikan diatas banyak mengurangi fitur yang ada di mobil tersebut sehingga sepertinya harga mobil tidak sebanding dengan fitur yang diberikan.

    Pabrikan mobil seperti mazda dan nissan kini mulai berani memberikan fitur yang lebih menarik untuk bersaing dengan para kompetitornya walaupun harga jual mereka masih dikategorikan rendah.

    harga jual mobil

    Biaya perawatan

    Jika sebelumnya kalian memiliki motor maka kalian hanya membutuhkan uang perawatan yang terbilang dapat dijangkau oleh semua kalangan.

    Berbeda dengan motor, banyak biaya yang kalian perlu persiapkan untuk melakukan perawatan rutin saat memiliki mobil, kalau sebelumnya kalian hanya perlu menyiapkan dana sekitar 70 ribu untuk mengganti oli mesin dan service motor, maka untuk mobil kalian memerlukan biaya yang agak besar untuk service bulanan dan ganti oli.

    Berikut ilustrasi biaya saat kondisi mobil di km 20.000.

    biaya perawatan mobil

    Total biaya diatas adalah biaya standard mobil pabrikan Jepang, jika kalian berniat membeli mobil eropa yang memiliki fitur yang banyak maka kalian juga perlu mempersiapkan budget melebihi angka biaya diatas.

    Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga apa yang dibagikan disini dapat bermanfaat untuk kalian semua yang sedang berencana memiliki mobil.

    Top Up e-Wallet

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah