Follow Us

  • Share

    Kenali 10 Perangkat Penyebab Boros Listrik

    Kita semua tahu bahwa menghemat listrik sangat penting maka segala pemakaiannya kita perhatikan dengan seksama. Akan tetapi, usaha menghemat listrik kerap mengecewakan ketika tagihan listrik tiba. Tentunya langkah apa lagi yang bisa dilakukan untuk memperkecil tagihan menjadi bahan pikiran. Nah Anda bisa memulai mencari tahu mengenai perangkat apa saja yang menyebabkan tagihan bengkak.

    Baca : Pulsa Listrik Boros? Ikuti 8 Cara Berhemat Ini!

    Perangkat elektronik hadir untuk memudahkan aktivitas sehari-hari, membuat nyaman dan menghibur diri kita. Akan tetapi untuk memuaskan kebutuhan kita harus membayarnya dengan tagihan listrik yang cukup signifikan. Perangkat penyebab boros listrik haruslah diperhatikan pemakaiannya dan tentunya berapa besar daya yang diserap. Pilihlah perangkat listrik yang eco-savvy atau hemat energi–tidak menyerap banyak daya sehingga tagihan listrik bisa lebih murah daripada sebelumnya.

    Apa saja perangkat penyebab boros listrik? Perangkat-perangkat tersebut Anda temukan di rumah atau di kantor. Anda tidak akan asing dengan perangkat itu. Yuk perhatikan cara pemakaian perangkat penyebab boros listrik itu.

    10 Perangkat Penyebab Boros Biaya Listrik

    Lampu Rumah

    lampu-rumah

    Lampu rumah memang berguna sekali dalam menerangi sudut-sudut rumah Anda. Pemakaian lampu dalam jumlah besar akan membuat ruangan terasa panas sehingga membutuhkan pendinginan ruangan dengan energi yang lebih kuat. Hal yang bisa Anda lakukan menanggunglanginya adalah dengan memasang lampu yang ramah lingkungan yaitu jenis LED ( Light Emitting Diode) yang merupakan lampu tahan panas dengan ukuran daya (watt) kecil.

    Sewaktu pagi hari atau malam hari cobalah buka gordyn jendela,  Anda dapat mengandalkan sinar matahari sebagai sumber penerangan rumah Anda.

    Penanak Nasi (Rice Cooker)

    rice-cooker

    Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang mengonsumsi nasi sebagai makanan utamanya, tentunya ada penanak nasi di setiap dapur rumah. Sekarang penanak nasi bukan hanya bisa memasak nasi tetapi telah menjadi multi-cooker–bisa memanaskan makanan, membuat bubur hingga memasak kue. Bahkan penanak nasi telah menjadi salah satu senjata kelangsungan hidup anak kost.

    Nah jika Anda ingin menghindari tagihan listrik yang membengkak, pilihlah penanak nasi yang berdaya listrik kecil. Jika penanak nasi Anda berdaya besar, ada baiknya saat menyalakan penanak nasi matikan dahulu perangkat lain. Tahukah Anda, jika sedang menanak nasi besar daya yang diserap oleh penanak nasi adalah 395 watt dan saat memanaskan nasi adalah 77 watt. Kerap kali kita menggunakan penanak nasi sepanjang hari tanpa memikirkan berapa daya yang diserap atau efeknya pada tagihan listrik. Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda menggunakan penanak nasi sesuai dengan kebutuhan.

    Setrika

    setrika

    Setrika, memang sebuah perangkat elektronik yang penting untuk merapikan pakaian. Namun pemakaiannya kerap dianggap sepele karena anggapan tidak mungkin perangkat sekecil itu bisa menimbulkan tagihan listrik yang membengkak. Anggapan ini tentunya salah dong, setrika listrik memerlukan daya yang cukup signifikan, sekitar 300 watt untuk setiap kali pemakaiannya.

    Sebaiknya Anda mengatur panasnya setrika sesuai dengan label pakaian yang akan disetrika. Hindari menyetrika terlalu sering. Lebih baik Anda menyetrika dalam jumlah besar namun dengan intensitas jarang sehingga tagihan listrik Anda bisa terjaga.

    Kulkas

    kulkas

    Mesin pendingin cocok sekali untuk memperpanjang umur makanan dan minuman. Dengan adanya mesin ini, kita bisa mendapatkan minuman dingin atau makanan yang bisa bertahan lebih lama kapan saja. Maka, banyak dari kita menyalakannya sepanjang hari. Agar kulkas awet, sebaiknya jangan memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas karena akan membuat kulkas bekerja lebih berat untuk mendinginkannya. Nah jika kulkas bekerja lebih berat akan berefek pada tagihan listrik yang menjadi bengkak.

    Televisi

    tv

    Televisi merupakan salah satu sumber hiburan yang selalu ada di setiap rumah. Biasanya kita menyalakan tv minimal 3 jam sehari. Hal yang perlu diperhatikan adalah daya televisi dan durasi dinyalakannya. Jenis TV LED merupakan jenis tv dengan daya terendah dibandingkan dengan TV jenis LCD dan Tabung. Karena tagihan listrik bergantung pada durasi, ada baiknya Anda menggunakan tv jika pada saat Anda ingin menonton.

    Kompor Listrik dan Microwave

    microwave

    Kompor listrik memang jarang sekali ditemukan di rumah-rumah saat ini, sebagian besar rumah menggunakan kompor gas. Hal ini disebabkan karena kompor listrik menggunakan daya listrik yang sangat besar yaitu sekitar 850-2000 watt setiap kali penggunaan. Tentunya jika Anda sering memasak, tagihan Anda akan membengkak.

    Disamping itu microwave juga sudah lumayan jarang ditemukan. Alasannyapun sama dengan kompor listrik karena daya yang digunakan cukup besar. Microwave bekerja dengan menggunakan gelombang electromagnet untuk menghangatkan hingga memanggang makanan.  Daya yang biasa digunakan microwave sebesar diatas 800 watt.
    Jika Anda masih ingin menggunakan kompor listrik atau microwave, sebaiknya peralatan listrik lainnya dimatikan terlebih dahulu.

    AC (Air Conditioner)

    ac

    Menggunakan AC pada suhu udara tropis sungguhlah cocok. Namun Anda harus ingat bahwa rata-rata AC mempunyai daya yang besar untuk mendinginkan ruangan. Ada baiknya Anda memilih jenis AC  hemat energi yang menggunakan daya yang kecil. Jadi tagihan membengkak bisa dihindari.

    Sebelum Anda menginstalasi AC, Anda harus tahu ukuran ruangan dan besaran PK AC. Jika ruangan Anda besar dan PK-nya terlalu kecil maka AC akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan. Biasanya AC ½ PK mengonsumsi listrik sebesar 350 watt, ¾ PK sebesar 500 watt, dan 1 PK sebesar 700 watt.

    Aturlah suhu ruangan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan atur suhu terlalu dingin ketika sedikit orang. Hindari kebocoran udara dari luar karena jika AC terekspos dengan udara luar, AC akan bekerja dua kali lipat untuk mendinginkan ruangan.

    Mesin Cuci

    mesin-cuci

    Mesin Cuci sering sekali kita temukan di rumah-rumah. Apalagi untuk menghemat biaya laundry, sebaiknya menggunakan mesin cuci sendiri. Nah, menggunakan mesin cuci perlu perhatian karena Anda harus tahu berapa besar daya yang digunakan untuk setiap kali mencuci. Mesin cuci menggunakan 250-300 watt. Jika mesin cuci yang dimiliki sistem pengeringan listrik, kurangi penggunaan pengeringan listrik karena dapat menamabh tagihan listrik menjadi dua kali lipat.

    Mesin Pompa Air

    pompa-air

    Jika Anda tidak menggunakan PAM, Anda membutuhkan Pompa Air yang memompa air dari sumur. Mesin pompa air mempunyai beragam jenis dan juga daya yang dibutuhkan. Mulai dari 100 watt hingga 10.000 watt. Pilihlah pompa air dengan sistem otomatis yang berhenti ketika bak penampung sudah penuh. Sebelum membeli pompa air, ada baiknya Anda memikirkan jenis mana yang sesuai dengan kemampuan daya di rumah Anda.

    Nah, sekarang Anda sudah tahu kan benda apa saja yang bisa membuat tagihan listrik Anda bengkak. Memang kesepuluh barang ini cukup penting dalam kehidupan sehari-hari, Anda masih bisa menggunakan mereka asalkan dengan bijak guna menjaga tagihan listrik Anda agar tidak membesar. Adapun cara lain adalah mengganti peralatan listrik tersebut dengan jenis yang hemat listrik agar tidak memakan banyak daya. Dengan Anda hemat energi, Anda juga bisa menghemat tagihan listrik.

    Beli Token Listrik

    1 Komentar

    • Novi
      February 20, 2021 at 10:33 am

      Saya warga tanah merah Plumpang Jakarta Utara rawabadak selatan ,merasa kecewa atas petugas lapangan PLN yg melakukan kegiatan p2tl dalam kondisi “covid,” berupa denda yg berat nominalnya,padahal warga disini sadar dan ingin menjadi pelanggan PLN,pasang baru dan harus diwajibkan bayar denda yg berat di masa covid, tlong kegiatan p2tl nya di tunda pak, ini masih covid.trima ksih

      Balas Komentar

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah

    1 Komentar

    • Novi
      February 20, 2021 at 10:33 am

      Saya warga tanah merah Plumpang Jakarta Utara rawabadak selatan ,merasa kecewa atas petugas lapangan PLN yg melakukan kegiatan p2tl dalam kondisi “covid,” berupa denda yg berat nominalnya,padahal warga disini sadar dan ingin menjadi pelanggan PLN,pasang baru dan harus diwajibkan bayar denda yg berat di masa covid, tlong kegiatan p2tl nya di tunda pak, ini masih covid.trima ksih

      Balas Komentar