Follow Us

  • Share

    Mau beli AC? Perhatikan Dahulu Jenis AC Berikut ini

    Pendingin AC seperti sudah menjadi barang wajib untuk beberapa masyarakat di Indonesia, ini tidak terlepas karena cuaca di Indonesia yang sangat panas. Bahkan diperlukan lebih dari 1 perangkat AC untuk mendinginkan semua ruangan yang ada dirumah, walaupun banyak orang mengatakan pemasangan AC akan membengkakan biaya listrik tetapi hal ini tidak menjadi alasan banyak orang menggunakan AC lebih dari 1. (baca : Boros Listrik? Pastikan Pemakaian AC di Rumah Hemat Listrik)

    Jika Anda adalah orang yang sedang ingin membeli perangkat AC, sebaiknya Anda perhatikan luas ruangan dan sebaiknya Anda mengetahui dahulu jenis AC apa yang sesuai untuk instalasi. Mengenal luas ruangan penting karena luas ruangan berhubungan langsung dengan PK (paardekracht/ horse power) AC.

    PROMO! Beli token listrik sekarang di Sepulsa dapatkan 3 voucher belanja gratis, untuk informasi kunjungi website Sepulsa disini

    Panduan menghitung berapa PK yang Anda perlukan berdasarkan luas ruangan adalah sebagai berikut.

    Perhitungan PK dalam AC

    (luas ruangan dalam m2) x 500

    Rumus diatas akan menghasilkan jumlah dengan satuan BTU/ h (British Thermal Unit per jam). Berapa PK yang Anda butuhkan setelah mendapatkan hasil BTU/ h dari luas ruangan:

    • ½ PK = 5000 BTU/ h, dipergunakan untuk luas ruangan 10m2.
    • ¾ PK = 7000 BTU/ h, untuk luas rungan 14m2.
    • 1 PK = 9000 BTU/ h, untuk luas ruangan 18m2.
    • 1 ½ PK = 12000 BTU/ h, untuk luas ruangan 24m2.
    • 2 PK= 18000 BTU/ h, untuk luas ruangan 36m2.

    Mengapa harus memperhatikan PK dalam memasang AC? Berkaitan dengan penggunaan listrik, sesuaikan kapasitas AC yang Anda pilih dengan ruangan. Jika ruangannya kecil dan menggunakan AC berkapasitas PK yang lebih besar maka hal akan memakan daya yang besar.

    Contohnya luas ruangan Anda 10 m2 dan Anda menggunakan AC ¾ PK maka ruangan akan terasa dingin tetapi menggunakan daya yang besar. Disamping itu, jika Anda menggunakan AC berkapasitas PK yang lebih kecil untuk ruangan yang besar maka akan memerlukan waktu yang lebih banyak untuk mendinginkan ruangan.

    Jenis AC dan kapasitas PK ( Paarde Kracht / Horse Power)

    AC Window

    jenis ac Window

    AC window merupakan ac bentukan pertama yang mempunyai bentuk fisik kotak dan tanpa menggunakan remote control karena tombol pengatur sudah tergabung pada tampilan AC. Kotak AC ini mempunyai berbagai komponen seperti pendingin, penguap, kompresor, cooling coil, dan expansion valve. AC ini biasanya terletak pada sebuah slot kosong bawah jendela atau slot yang ada pada tembok ruangan.

    Tipe ini juga dikenal sebagai tipe unitary dimana mesin didalamnya mengeluarkan udara dingin ke dalam ruangan yang diinginkan dan mengeluarkan udara panas dibagian luar ruangan. Biasanya AC Window mempunyai kapasitas dari 0,5 PK hingga 2,5 PK.

    AC Split (Ductless)

    jenis AC Ductless
    jenis AC Ductless

    Asak usul kata split dalam padanan AC adalah karena ada bagian dari air conditioner yang terpisah yaitu satu unit indoor dan satu unit outdoor yang berfungsi sebagai compressor, expansion valve dan condenser. Tidak seperti yang dulu, hanya evaporator dan cooling fan. AC split tidak memerlukan slot khusus seperti AC window, AC Split hanya memerlukan slot  permukaan dinding. AC Split mempunyai kapasitas ½ PK hinga 2,5 PK.

    AC Central (Ducted)

    Jenis AC Ducted
    Jenis AC Ducted

    AC central kerap digunakan untuk tempat tempat yang lebih besar dengan area yang lebih besar seperti mall atau hotel. AC jenis ini menggunakan kompresor besar dan satu bagian yang berfungsi sebagai condensing unit diletakkan di luar gedung dan satu satu bagian yang berfungsi sebagai internal evaporative unit diletakkan di dalam gedung.

    Di dalam condensing unit terdapat condensing fan, compressor, dan condensor coil sedangkan internal evaporative unit terdapat evaporator coil dan expansion valve. Kedua bagian ini bekerja sama  untuk mendinginkan suhu udara dalam ruangan. Kapasitas AC Central mulai dari 10 PK hingga 20 PK.  

    AC Cassette

    jenis AC Cassette
    jenis AC Cassette

    AC Cassette menempel pada plafon langit-langit. Pemasangan AC Cassette memerlukan keahlian khusus dan tenaga lebih yang berbeda dengan memasang ac lainnya. Jenis AC Cassette mempunyai berbagai ukuran mulai dari 1,5 PK hingga 6 PK.

    AC Standing Floor/ portable

    Jenis AC Standing Floor
    Jenis AC Standing Floor

    AC standing floor mempunyai unit indoor yang berdiri dan bisa dipindahkan. AC ini kerap digunakan dalam acara-acara besar. Tipe AC ini mempunyai sistem pendingin yang terletak pada dasar bawah mesin yang mengeluarkan panas melalui ventilasi yang terdapat di dinding terluar. AC ini mempunyai kapasitas 1 PK hingga 5 PK.

    Baca Juga

    Beli Token Listrik

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah