Follow Us

  • Share

    Haus Rekreasi? 12 Tempat Wisata di Dieng ini Menunggu Kehadiran Anda!

    Dataran Tinggi Dieng menjadi sorotan destinasi liburan bukan hanya untuk anak muda tetapi juga kalangan usia lain. Keindahan Dieng yang alami dan terjaga menjadi destinasi yang cocok untuk menghabiskan waktu berharga bersama teman dan keluarga. Bukan sekedar dataran tinggi, Dieng mempunyai hasil dan bentuk alam yang beragam sehingga tidak habis-habisnya menghibur Anda. Selain itu, Dieng juga dikenal sebagai salah satu puncak dimana kita bisa merasakan salju di Indonesia yang beriklim tropis.

    Kalau Anda suka yang tempat yang dingin-dingin, selain berwisata ke Bandung dan Puncak. Yuk kita beralih ke Jawa Tengah, menjelajahi Dataran Tinggi Dieng!

    Nama Dieng memang sudah tidak lagi asing di telinga, Dataran Dieng ini terletak diantara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Bepergian menuju Dieng bisa ditempuh melalui Yogyakarta (bisa menggunakan kereta api atau kereta api) lalu stop di Magelang. Dari Magelang Anda bisa menggunakan bus menuju Wonosobo lalu melanjutkan menaiki bus dari Wonosobo ke Dieng. Anda juga bisa menyewa mobil dari Yogyakarta langsung ke Dieng.

    Adapun opsi lain; Anda bisa menggunakan kereta api dari Jakarta ke Purwokerto lalu dilanjutkan ke bus Wonosobo. Anda bisa menggunakan mikrobus dari Wonosobo ke Dieng.

    Sebelum Anda bepergian ke Dieng, sebaiknya Anda menyediakan pakaian untuk udara dingin seperti pakaian tebal dan jaket yang bisa menghangatkan Anda selama berada di Dataran Tinggi Dieng. Ingat lho, di Dieng itu suhunya berada di sekitar 10 hingga 20 derajat celcius. Disamping itu, Anda juga perlu menyiapkan sepatu yang nyaman untuk berjalan disana (karena akan banyak jalan dan mendaki puncak) dan jangan lupa menyiapkan obat-obatan untuk keperluan Anda. Oh ya, siapkan uang cash secukupnya karena ATM susah sekali ditemukan di Dieng.

    Pada dasarnya, aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan di Dieng berupa mendaki puncak untuk menyaksikan sunrise, melihat danau yang berpenampilan unik, mengunjungi kawah (Karena Dieng termasuk kawasan vulkanik, terdapat beberapa kawah yang masih aktif namun masih bisa dikunjungi), dan mengunjungi situs candi Hindu peninggalan sejarah. Selain mengunjungi ke tempat wisata Dieng, jangan lupa manjakan perut Anda dengan kuliner Dieng Mie Ongklok dan beli manisan buah carica (pepaya gunung).

    12 Tempat Wisata di Dieng yang Anda Harus Kunjungi

    Melihat matahari terbit di puncak gunung

    Ketika Anda berada di Dieng, sebuah puncak tertinggi di Indonesia yang dikelilingi oleh awan-awan memberikan Anda kesempatan untuk menyaksikan matahari terbit. Anda bisa menyaksikan matahari terbit dari 3 spot ini yaitu Bukit Sikunir, Gunung Prau dan Gardu Pandang Tieng. Agar tidak kelewatan menonton Sunrise, Anda sebaiknya mendaki atau trekking ke ketiga tempat ini pada pagi buta. Waktu yang tepat untuk menyaksikan matahari terbit adalah ketika musim kemarau dimana langit terlihat lebih bersih.

    Apa yang membuat ketiga tempat itu berbeda?

    Bukit Sikunir

    Tempat Wisata di Dieng

    Bergeraklah ke Desa Sembungan jika Anda ingin melihat matahari terbit yang menakjubkan di Bukit Sikunir. Bukit Sikunir menjadi salah satu tempat yang ramai pengunjung di Dieng. Agar bisa melihat matahari terbit dengan jelas, Anda harus berjalan mendaki bukit sikunir. Walau terasa sedikit lelah, hasilnya sepadan kok. Suatu pemandangan yang menakjubkan.

    Puncak Gunung Prau

    Tempat Wisata di Dieng

    Pastikan terlebih dahulu kondisi fisik Anda baik karena mendaki Gunung Prau memerlukan ekstra tenaga. Selama Anda mendaki Anda akan dibuat terpukau dengan sekeliling Anda yang diteduhkan oleh hijaunya lingkungan. Jalur mendaki Gunung Prau bisa dimulai lewat Dieng atau Kendal. Anda pernah dengar kan adanya bukit Teletubbies? Kalau Anda mendaki gunung Prau Anda akan melewati bukit-bukit yang hampir serupa dalam acara teve Teletubbies.  Sembari menunggu matahari terbit Anda bisa juga camping, jadi tidak melewatkan golden sunrise yang terkenal ini.

    Gardu Pandang Tieng

    gardu pandang tieng

     

    Kalau Anda tidak menyukai mendaki medan yang cukup menantang, jangan berkecil hati Anda bisa melihat matahari terbit di Gardu Pandang Tieng. Gardu Pandang Tieng ini mudah dijangkau karena terletak di pinggir jalan.

    Kunjungi Dua Telaga Unik : Telaga Warna dan Telaga Pengilon

    Dieng mempunyai berbagai Telaga, nah adapun dua telaga yang menarik perhatian; Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Letak kedua telaga bersampingan namun mempunyai keindahan yang berbeda.

    Telaga Warna mempunyai warna air yang mencolok dan menariknya ini warnanya akan terus berubah tergantung dari cuaca.

    telaga warna

    Telaga Pengilon mempunyai warna air yang jernih sehingga Anda bisa berkaca pada saat mengunjunginya.

    Kawah Bukti Bumi Vulkanik : Kawah Sikidang dan Sileri

    Tempat Wisata di Dieng

    Kawah Sikidang terletak pada permukaan datar sehingga mudah dikunjungi. Tapi ingat, berhati-hatilah ketika mengunjunginya. Bau Belerang yang cukup kuat bisa membuat sesak nafas yang mana rawan untuk pengidap asma.

    Anda masih bisa kok menelan keindahan Kawah Vulkanik Sikidang asalkan menggunakan masker dan tetap berada di lokasi yang diperbolehkan. Nama Sikidang mempunyai sebuah kisah sendiri, kawah ini dinamakan sedemikian pula karena didalamnya tampak lompat melompat seperti binatang kijang.

    Tempat Wisata di Dieng

    Berbeda dengan sebelumnya, Kawah Sileri merupakan kawah yang paling aktif di Dataran Tinggi Dieng. Walaupun pernah meletus pada beberapa tahun silam, kawah ini masih bisa dikunjungi. Saat Anda bepergian menuju Kawah Sileri Anda akan melihat banyak sekali uap–uap digunakan oleh PLTU sebagai energi. Disamping itu, air pada kawah Sileri terlihat keperakan atau tampak keruh seperti air cucian beras (leri)–asal nama Sileri.

    Sumur Jalatunda

    sumur jalatundaNegeri diatas awan ini mempunyai banyak misteri yang menarik. Salah satu contohnya adalah Sumur Jalatunda. Sebuah sumur yang dipercayai jika Anda berharap akan suatu keinginan, ada kemungkinan untuk terkabulkan. Tertarik untuk mencoba?

    Museum Kailasa

    Tempat Wisata di Dieng

    Anda suka dengan sejarah? Bukan hanya Candi lho peninggalan Kerajaan Hindu yang pernah ada di Dataran Dieng. Penasaran apa saja bukti sejarah lainnya di Dieng? Anda bisa mencari tahunya di Museum Kailasa.

    Dieng Plateau Theater

    Tempat Wisata di Dieng

    Rasanya ada yang kurang kalau Anda berwisata tanpa mengetahui sejarah tempat yang Anda kunjungi. Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai Dieng yang kental akan sejarah sehingga Anda bisa memahami lokasi ini lebih mendalam. Dieng Plateau Theater akan memutarkan beragam cerita mengenai sejarah Dieng.

    Candi Hindu

    Tempat Wisata di Dieng

    Bukan hanya kaya akan pemandangan alam, Dieng juga kaya akan sejarah. Dahulu Dieng merupakan bagian dari Kerajaan Hindu. Candi-candi ini didirikan pada abad ke tujuh dan diberi nama sesuai dengan tokoh yang ada dalam wayang seperti Candi Bima, Candi Srikandi, Candi Arjuna, Candi Gatotkaca, dan Candi Semar.

    Dieng Culture Festival

    Tempat Wisata di Dieng

    Tahukah Anda, terdapat suatu fenomena yang menarik yaitu bocah-bocah dieng mempunyai rambut gimbal dan mereka akan meminta untuk dipotong pada suatu waktu. Ketika mereka sudah mengajukan keinginannya untuk potong rambut maka harus dilakukan dalam suatu upacara karena jika tidak ada upacara bocah-bocah berambut gimbal akan sakit. Terus, bocah-bocah ini akan meminta hadiah dan orang tuanya harus menuruti.

    Dieng Culture Festival juga meliputi upacara pemotongan rambut gimbal ini dan festival ini berjalan tiap tahun. Kalau Anda tidak ingin kelewatan, maka yuk ikuti Dieng Culture Festival!

    Bukan hanya Baju Tebal yang Menghangatkan Anda. Pulsa dan Paket Data memberikan kehangatan ditengah dinginnya Dieng.

    Kalau Anda berwisata tapi nggak punya pulsa dan paket data pasti jadi kendala nih soalnya Anda bakal susah berkomunikasi dan mencari informasi online. Sekarang isi pulsa dan beli paket data semakin praktis karena sudah tersedia online. Dimanakah Anda bisa beli pulsa dan paket data online? Di Sepulsa! Spesialnya lagi, setiap transaksi di Sepulsa Anda bisa mendapatkan berbagai voucher belanja online ataupun offline. Aplikasi Sepulsa tersedia di iOS dan Android. Anda bisa mendownload aplikasi Sepulsa melalui link ini.

    Tunggu apa lagi? Yuk transaksi di Sepulsa supaya pengalaman berwisata Anda semakin menyenangkan!

    Beli Pulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah