Follow Us

  • Share

    Fakta-Fakta Mencengangkan Tentang Korea Utara

    Korea utara merupakan Negara yang terletak di Asia Timur yang memiliki ibukota bernama Pyongyang. Bersebrangan dengan Korea Selatan. Korea Utara memiliki peraturan yang ‘nyeleneh’ dan berbeda jauh dengan negara-negara yang lain. Sebagai salah satu negara penganut paham komunis, Korea Utara mempunyai banyak keunikan dengan gaya pemerintahannya yang diktator dan otoriter dipimpin oleh Kim Jong Un, Korea Utara juga menjadi salah satu negara yang paling ditakuti kekuatan militernya.

    Korea Utara adalah negara tertutup yang memiliki kebijakan yang terbilang kejam dibanding negara yang lain. Ada beberapa fakta mencengangkan yang telah kami rangkum untuk kamu yang belum pernah mengunjungi Korea Utara dan berniat traveling kesana.

    Fakta Menarik Tentang Korea Utara


    1. Pemerintah Korea Utara secara ketat mengontrol seluruh tingkat pendidikan. Tingkat kemampuan membaca anak berusia 15 tahun ke atas di Korea Utara adalah 99%.


    2. Hampir sepertiga dari pendapatan negaranya diberikan untuk bagian militer. Kebijakan ini merupakan yang paling besar didunia saat ini.


    3. Jika di negara kita kamu bisa menonton tv sepuasnya, di Korea Utara justru sebaliknya. Karena di Korea Utara hanya difasilitasi satu channel yang berisi tentang berita juga orasi tentang pemerintahan.


    4. Boleh jadi semua hal di Korea Utara berisi tentang propaganda pemerintahannya. Bahkan saking otoriternya, pemerintah Korea Utara mewajibkan masyarakat untuk membaca Koran yang berisi foto pemimpin tertinggi Korea Utara dilembar paling depan.


    5. Hal yang membuat Korea Utara menjadi negara tertutup adalah tidak adanya akses untuk koneksi internet. Kamu mungkin tidak bisa dengan mudahnya internetan di Korea Utara. Jadi bersiap siap untuk jalan-jalan tanpa posting ke internet ya.


    6. Kalau kamu berkunjung ke Korea Utara, jangan harap kamu bisa berswafoto atau dengan santainya merekam perjalanan kamu di video. Sebab, jika kamu terciduk ketahuan mengambil foto tanpa seizing dari pihak yang bersangkutan, kamu bisa dijatuhi hukuman yang berat loh.


    7. Korea Utara mempunyai kekuatan militer terbesar ke-4 di dunia. Dengan personel berjumlah lebih dari 9 juta, Korea Utara memiliki prosentase personel militer perkapita tertinggi didunia.


    8. Wajib militer diwajibkan di Korea Utara dan ditempuh selama 5 tahun mengabdi sebagai tentara atau angkatan laut. Untuk angkatan udara, waktu yang ditempuh wajib militer selama 3-4 tahun.


    9. Kalau kamu traveling ke Korea Utara, kamu bisa mengunjungi wisata jasad para diktator Korea Utara. Disana kamu bisa melihat jenazah yang diawetkan tanpa tertutup peti. Bagaimana? Cukup menegangkan bukan?


    10. Hal yang menyedihkan yang terjadi di Korea Utara adalah para wanita yang dipekerjakan menjadi budak seks bagi para pejabat. Tercatat sebanyak 2000 wanita di Korea Utara secara bebas memberikan hiburan dan layanan seksual kepada para pejabatnya.


    11. Kalau kamu mampir ke Korea Utara, jangan harap kamu bisa naik transportasi umum untuk berkeliling. Di Korea Utara, Transportasi umum untuk menghubungkan pedesaan dengan kota besar sangatlah sulit untuk ditemui.


    12. Hal lain yang tak kalah mencengangkan adalah separuh pemasukan Korea Utara berasal dari penjualan senjata. Para pembelinya tak lain adalah para kelompok pemberontak atau kelompok militant di negara lain.


    13. Korea Utara tercatat pernah membuat terowongan untuk memata-matai Korea Selatan loh. Pada tahun 2014 lalu, Korea Utara membuat terowongan yang kabarnya sampai menembus ke Korea Selatan dan perbuatan tersebut akhirnya diketahui oleh pihak Korea Selatan. Namun, Korea Utara beralasan bahwa penggalian terowongan tersebut adalah untuk mencari batu bara.


    14. Kalau kamu tinggal di Korea Utara, kamu tidak boleh dengan bebasnya mengganti model rambut kamu. Tidak seperti di Indonesia yang bisa bebas berekspresi, di Korea Utara kamu hanya bisa memilih 1 dari 28 model rambut.


    15. Fakta mengejutkan lainnya dari Korea Utara adalah tentang kebijakan pemerintah yang sering tidak berpihak kepada rakyatnya. Di Korea Utara tingkat gizi buruk sangatlah tinggi. Banyak sekali anak anak dan warga yang kelaparan karena peraturan yang menyulitkan mereka.


    16. Hal yang bisa kamu syukuri dengan tinggal di Indonesia adalah kamu bisa dengan mudahnya mendapatkan akses untuk menonton tv dan drama korea selatan. Hal itu tidak bisa didapatkan oleh warga Korea Utara karena hukuman bagi yang menonton drama dari Korea Selatan adalah hukuman mati.


    17. Korea Utara menduduki peringkat kedua dari terakhir dalam Indeks Kebebasan Press Dunia (Eritrea adalah yang terakhir)


    18. Warga Korea Utara yang kabur ke Korea Selatan akan disebut pengkhianat negara. Para warga tersebut menggambarkan kehidupan camp penjara, dimana pemerkosaan, kerja paksa, pembunuhan bayi dan percobaan medis terhadap manusia sering terjadi.


    19. Korea Utara memiliki banyak sumber daya mineral seperti, batu bara keras mengkilap, biji besi berkualitas tinggi, timah, emas, perak, batu fosfat dan tembaga. Korea Utara juga memiliki senjata nuklir dan menjadikannya salah satu negara nuklir paling ditakuti di dunia.


    20. Mata uang korea adalah Won. Korea Utara menilai ulang Won dengan mengganti uang kertas 1000 won menjadi uang kertas 10 won dan membatasi jumlah peredaran uang lama. Menurut sebagian orang, gerakan ini efektif untuk merusak banyak rekening tabungan.


    21. Berbeda dengan negara lain, Korea Utara membagi penduduknya menjadi 3 kasta (kelas) sosial yaitu kelas Loyal (orang teratas di KWP atau yang pernah ikut perang), kelompok biasa, dan kelas tidak loyal atau orang yang berpihak kepada negara lain atau pernah melarikan diri dari Korea Utara. Penduduk yang termasuk kedalam kelompok tidak loyal dipaksa bekerja di bagian pertanian atau pertambangan.


    22. Zona demiliterisasi di Korea Utara adalah garis batas yang penjagaannya paling ketat didunia.


    23. Hanya ada satu partai politik di Korea Utara dan warga hanya bisa memilih satu kandidat presiden di saat pemilihan. Karena memang hanya ada satu kandidat presiden yang bisa warga pilih dan warga tidak bisa memilih presiden sesuai dengan keinginan mereka.


    24. Bendera Korea Utara pertama kali digunakan pada tahun 1948 dan uniknya Korea Utara memiliki tiang bendera terbesar didunia dengan tinggi 525 inc dan berbobot sekitar 600 pound.


    25. Di Korea Utara tidak ada perayaan Natal. Sebagai gantinya penduduk Korea Utara memperingati kelahiran ibu presiden Kim Jong-Il pada tanggal 24 Desember. Di Korea Utara juga tidak merayakan Valentine. Penduduk Korea Utara merayakan ‘Hari Ulang Tahun Umum’ pada 16 februari.


    Itulah beberapa fakta dari Korea Utara yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya. Dibalik kekejamannya Korea Utara juga memiliki destinasi wisata yang tak kalah menarik dari negara lain. Semoga artikel ini bisa berguna untuk menambah wawasan kamu terhadap Korea Utara. Apakah kamu masih tertarik untuk mengunjungi Korea Utara?


     

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah