Follow Us

  • Share

    Cara Tepat Mendapat Kenaikan Gaji

    Dewasa ini biaya hidup semakin meningkat. Ditambah lagi dengan banyaknya barang dan  kebutuhan yang harus terpenuhi membuat Anda harus lebih bekerja keras lagi.

    Apabila Anda merasa telah lama bekerja dan melakukan pekerjaan anda dengan sangat baik, jangan merasa sungkan untuk meminta kenaikan gaji.

    Beberapa orang seringkali melakukan kesalahan ketika membiarkan dirinya terus bekerja tanpa memikirkan untuk menambah lagi uang untuk didapatkan.

    Padahal jika Anda telah bekerja dengan serius dan banyak melakukan perubahan yang berdampak baik bagi perusahaan, Anda bisa mempertimbangkan untuk meminta kenaikan gaji kepada atasan Anda.

    Kali ini kami akan memberikan beberapa cara untuk meminta kenaikan gaji untuk Anda.


    1. Menyiapkan alasan yang tepat

    Apabila Anda telah mempertimbangkan untuk meminta kenaikan gaji kepada atasan Anda, sebaiknya Anda juga sudah menyiapkan alasan yang tepat agar keinginan Anda dapat terpenuhi.

    Jika Anda memberikan alasan yang dirasa kurang masuk akal atau tidak terlalu efektif, mungkin Anda juga tidak akan mendapatkan kenaikan gaji seperti ekspektasi Anda sebelumnya. Seharusnya Anda bisa memikirkan kembali alasan apa yang bisa Anda ajukan kepada atasan Anda.

    Anda juga harus menimbang juga meneliti seberapa berharganya Anda bagi perusahaan Anda, juga seberapa banyak Anda telah memberi keuntungan kepada perusahaan Anda dengan melihat kondisi yang sebenarnya.

    Jangan memulai pembicaraan dengan kesan yang buruk kepada atasan Anda dan juga jangan berpikir akan berimprovisasi atau ‘mengobrol asik’ dengan atasan Anda.


    2. Lakukan disaat dan diwaktu yang tepat

    Terkadang Anda mungkin terlalu terburu-buru untuk meminta kenaikan gaji kepada atasan Anda. Bisa jadi ini akan menjadi berita buruk bagi Anda karena atasan Anda tidak mengabulkan permintaan Anda atau bahkan malah memecat Anda.

    Sebaiknya Anda telah menyiapkan pembicaraan beberapa bulan sebelumnya agar keinginan Anda untuk mendapatkan gaji ‘lebih’ berjalan lancar.

    Jika perusahaan Anda sedang mengalami masalah dalam keuangan, mungkin itu bukan saat yang tepat bagi Anda untuk meminta kenaikan gaji.

    Sebaliknya, jika perusahaan sedang melakukan kajian tahunan dan atasan Anda memikirkan kompensasi untuk karyawan, itu mungkin saat yang tepat untuk membicarakan kenaikan gaji Anda kepada atasan Anda.


    3. Mengetahui apakah Anda ‘layak’ secara objektif

    Sangatlah mudah untuk mengetahui hal ini, terlebih lagi apabila Anda sudah lama bekerja dan menghasilkan banyak keuntungan untuk perusahaan Anda.

    Anda tetap harus bersikap objektif apakah Anda benar layak untuk mendapatkan gaji tambahan dengan menilai kelayakan diri Anda sendiri selama bekerja diperusahaan tersebut.

    Anda bisa melakukan pekerjaan lebih baik lagi atau jika ada seseorang yang telah ‘resign’ dari tim Anda, Anda dapat mengambil lebih banyak pekerjaan dari proyek yang belum terselesaikan.

    Proyek yang sedang Anda kerjakan mungkin memiliki nilai dan manfaat yang lebih dianggap diperusahaan Anda, juga memiliki potensi yang lebih besar. Bisa jadi itu adalah waktu yang baik untuk memulai pembicaraan soal kenaikan gaji Anda.


    4. Bersikap realistis

    Sangat penting untuk selalu bersikap realistis dalam memulai pembicaraan tentang kenaikan gaji Anda. Suatu peningkatan dalam hidup Anda tidak melulu soal uang. Anda harus memiliki taktik dalam meminta kenaikan gaji.

    Apabila permintaan Anda akan gaji tambahan tidak bisa terealisasikan, Anda  bisa bernegosiasi untuk meminta hal yang lain sebagai penggantinya, seperti apakah Anda bisa melakukan pekerjaan dari rumah?

    Atau bisakah Anda mengikuti berbagai pelatihan yang diadakan oleh perusahaan Anda yang akan berguna bagi Anda dalam jangka panjang? Anda juga bisa menukar permintaan kenaikan gaji dengan meminta jam kerja yang lebih fleksibel atau mempertimbangkan untuk meminta waktu libur lebih.


    5. Lakukan dengan cerdas

    Tetaplah bekerja dengan baik dan membangun reputasi juga prestasi Anda sendiri. Jika Anda telah sukses, tetaplah menjadi unggul dan selalu berinovasi.

    Karena jika Anda bekerja dengan buruk, tentunya Anda tidak bisa mendapatkan kenaikan gaji. Ciptakan peluang bagi diri Anda agar Anda bisa memiliki banyak pilihan.

    Ketika Anda memiliki banyak pilihan Anda juga bisa bernegosiasi lebih jauh. Anda juga bisa mengembangkan diri juga karir Anda yang dapat menguntungkan perusahaan serta diri Anda sendiri.

    Semakin Anda menunjukan keberhasilan diri Anda, semakin besar juga peluang yang bisa Anda dapatkan untuk meminta kenaikan gaji kepada atasan Anda.

    Apapun yang terjadi, persiapkan diri Anda untuk mendapatkan jawaban ‘tidak’. Namun tidak perlu jadi berkecil hati dan bekerja asal-asalan. Tetap tunjukan kemampuan Anda dan bekerjalah dengan baik.

    Hanya diri Anda sendiri yang dapat menentukan keberhasilan Anda dan seberapa kuat Anda memperjuangkan sesuatu. Tetap semangat ya!

    Beli Pulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah