Follow Us

  • Share

    Cara Berhenti Berlangganan RBT & SMS Pelanggan di Tri

    Pernah mendengar istilah mobile monetization? Nah istilah ini sebenarnya cukup lazim di luar negeri. Atau mudahnya, pernahkan Anda mendaftarkan diri anda di layanan SMS premium, dan tanpa sadar layanan-layanan tersebut dengan mudahnya menyedot pulsa Anda secara membabi buta?

    Nah jangan khawatir, kami telah mengulas khusus bagi Anda pelanggan provider Tri yang telah terjebak dalam situasi ini, untuk kemudian berhenti berlangganan dari layanan-layanan semacam itu. Selamat membaca!


    Cara Berhenti Berlangganan RBT, SMS Pelanggan di Tri: Berhenti Layanan Ring Back Tone

    Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, sebagaimana Telkomsel, Tri sebagai salah satu penyedia layanan telekomunikasi pun memiliki salah satu fitur Ring Back Tone nya.

    Permasalahan bagi para pengguna provider ini pun serupa, dimana seringkali mereka yang tidak pernah berlangganan secara tiba-tiba memiliki RBT. Atau malah mereka sudah berlangganan namun tidak tahu bagiamana cara berhenti berlangganan RBT, SMS, Pelanggan di Tri.

    Satu-satunya cara yang kami lakukan agar Anda bisa stop berlangganan layanan RBT di Tri adalah dengan cara ketikkan RBTUNREG dan kirimkan ke 1212.

    Jika tidak bisa maka Anda bisa mengetikkan RBT (spasi) UNREG dan kirimkan ke 1212. Jika kedua cara tersebut tidak bisa, maka Anda bisa segera datang ke 3Store ataupun menghubungi layanan pelanggan Tri. Selamat mencoba!


    Cara Berhenti Berlangganan RBT, SMS Pelanggan di Tri: Berhenti SMS Berlangganan

    Dengan semakin cepatnya arus informasi yang masuk saat ini, kebanyakan dari para pengguna baru ponsel cerdas pasti tidak pernah mengenal suatu fitur yang disebut dengan SMS premium berlangganan.

    Mengapa? Karena dalam beberapa tahun terakhir ketika teknologi informasi belum berkembang secepat sekarang, layanan-layanan seperti inilah yang memberikan informasi kepada para penggunananya.

    Banyak operator-operator layanan berlomba-lomba membuat SMS premium berlangganan untuk para penggunananya. Meski demikian menurut kami pribadi pun fitur-fitur ataupun informasi yang ditawarkan terlalu aneh dan kadang nyeleneh.

    Beberapa fitur yang ditawarkan misalnya pengingat waktu shalat, zodiac berlangganan, kuis berlangganan, hingga SMS tentang primbon.

    Cara Berhenti Berlangganan RBT, SMS Pelanggan di Tri

    SMS berlangganan ini kemudian menjadi masalah bagi para penggunanya ketika para operator penyedia jasa layanan SMS ini mulai mengirimkan kontennya secara membabi buta.

    Dalam beberapa tahun ke belakang saja ketika harga satu kali SMS masih Rp350,- harga SMS premium berlangganan dipatok seharga Rp2.000,-.

    Nah hal ini menjadi masalah ketika para operator mengirimkan kontennya hingga 10 sampai 15 kali dalam satu bulan, atau malah satu kali dalam sehari.

    Para pengguna yang awalnya merasa senang dengan konten-konten yang diinginkannya justru malah merasa membuang-buang uang secara cuma-cuma, bahkan mungkin bisa melipat gandakan kebutuhan Anda akan pulsa hanya untuk layanan yang sebenarnya di masa sekarang bisa Anda dapatkan secara gratis ini.

    Selanjutnya Anda yang telah menyadari hal ini pasti ingin berhenti berlangganan layanan ini. Akan tetapi seringkali Anda tidak berhasil berhenti berlangganan layanan ini entah mengapa.

    Untuk mengetahui hal ini, pertama-tama Anda bisa melakukan cara paling umum untuk berhenti berlangganan layanan SMS premium berlangganan ini.

    Caranya adalah dengan mengetikkan UNREG (spasi) STOP, tergantung dari layanan apa yang Anda pilih. Dengan mengetikkan perintah ini seharusnya Anda secara otomatis akan berhenti berlangganan layanan SMS premium berlangganan ini.

    Jika Anda masih tidak bisa berhenti berlangganan dengan solusi yang kami tawarkan ini, maka langkah satu-satunya yang bisa Anda tempuh adalah dengan cara menghubungi call center Tri ataupun datang ke 3Store terdekat dengan domisili Anda.


    Cara Berhenti Berlangganan RBT, SMS Pelanggan di Tri: Bagaimana cara mencegahnya?

    Sebenarnya hal-hal semacam ini bisa Anda cegah. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan setidaknya untuk mencegah hal tersebut terjadi.

    Cara Berhenti Berlangganan RBT, SMS Pelanggan di Tri

    Cara pertama adalah, kami amat tidak menyarankan Anda menggunakan satu nomer seluler untuk penggunaan bersama-sama. Bagi Anda yang berkecukupan mungkin praktik ini tidak lazim di lakukan.

    Tapi percayalah, kami pernah menemukan di dalam satu keluarga beberapa orang menggunakan ponsel secara bersama-sama.

    Seringkali salah seorang pengguna nya mendaftarkan nomer tersebut untuk layanan-layanan gratis semacam ini, namun pengguna nya yang lain tidak merasa mendaftarkannya. Hal inilah yang kemudian bisa menjadi masalah.

    Selain itu jika Anda benar-benar ingin berlangganan fitur-fitur RBT ataupun SMS premium berlangganan, maka pastikanlah bahwa di setiap promosi yang ada terdapat pemberitahuan yang jelas secara langkah demi langkah, bagaimana caranya untuk melakukan unregistrasi terhadap layanan yang mereka sediakan.

    Jika Anda tidak bisa menemukannya, maka kami amat tidak menyarankan anda untuk tetap berlangganan fitur tersebut. Kemudian catatlah nomer-nomer short code dari masing-masing operator yang jasanya Anda gunakan.

    Sebut saja 6789 ataupun 1234 misalnya. Dengan demikian Anda tidak akan kesulitan jika nantinya ingin berhenti berlangganan layanan tersebut.

    Jika Anda sudah memutuskan untuk berlangganan suatu layanan SMS premium berbayar, kami sarankan Anda untuk memastikan mengenai jarak pengiriman satu layanan SMS ke satu SMS lainnya.

    Selain itu ketahuilah tarif masing-masing setiap pengiriman SMS tersebut. Dengan demikian Anda bisa memperkirakan jumlah pulsa yang Anda gunakan dalam sebulan sehingga tidak terjadi pembengkakan biaya karena adanya layanan SMS premium berlangganan ini.

    Masalah yang tadi juga kami sebutkan adalah seringkali Anda menerima layanan seperti ini padahal Anda tidak merasa mendaftarkan nomer ponsel Anda.

    Kemungkinannya dua, jika Anda menggunakan ponsel Anda sendiri berarti bisa jadi Anda tidak sengaja berlangganan, atau bahwa penyedia layanan tersebut termasuk dalam operator nakal. Nah pastikan Anda mencatat kapan saja SMS tersebut masuk, dan pastikan berapa pulsa yang terpotong setiap kali ada SMS seperti itu masuk ke ponsel Anda.

    Jika memang tidak terpotong, maka dapat dipastikan bahwa SMS yang masuk bukanlah SMS premium berlangganan namun hanya iklan atau promosi biasa yang lazim dikirimkan via SMS. Namun jika ternyata pulsa Anda terpotong, apalagi jika tarif nya jauh melebihi tarif SMS normal, maka Anda bisa segera melakukan unregistrasi atau bahkan segera mengadu ke call center Tri.

    Pastikan pula jika sedang menghadapi operator nakal seperti di atas, Anda mencatat nomer si pengirim. Pada umumnya layanan-layanan semacam ini mengirimkan pesan melalui nomer 4 digit saja (misalnya ABCD).

    Nah jika Anda menemukan pesan semacam ini dikirimkan oleh operator dengan 6 digit (misalnya ABCDXY), maka sebenarnya si pengirim menggunakan 4 digit pertama alias ABCD, dan XY merupakan identitas tarif layanan yang didaftarkan oleh si pengirim pesan untuk kemudian dikenali oleh mesin operator secara otomatis.

    Jika Anda menghadapi admin yang lebih cerdas, seringkali Anda akan dihadapkan dengan operator yang memiliki nomer kontak berupa huruf misalnya PRIMBON, BIBLE, SHOLAT, dan semacamnya. Perlu diketahui bahwa hal ini lazim disebut sebagai sender ID masking.

    Jika Anda tidak merasa mendaftarkan kepada layanan ini, kemudian Anda periksa pulsa Anda ternyata terpotong, yakinlah bahwa Anda tidak akan bisa mendapatkan bantuan jika Anda hanya menghubungi customer service Tri.

    Bahkan penyedia jasa seperti telkomsel, indosat, XL pun tidak bisa berbuat banyak.

    Jika hal ini terjadi maka Anda bisa melaporkannya langsung kepada operator ataupun BRTI alias Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia, karena menurut kami hal ini sudah dapat dikategorikan sebagai spam sms. Terlebih lagi jika Anda merasa terganggu dengannya.

    Nah bagaimana? Apakah Anda sudah memutuskan untuk berhenti berlangganan dari berbagai layanan di atas? Semoga artikel ini membantu Anda!

    Beli Pulsa Tri

    1 Komentar

    • Cirul
      August 20, 2019 at 2:09 pm

      Sudah saya coba RBTUNREG, RBT UNREG kirim ke 1212 tetep tidak bisa

      Balas Komentar

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah

    1 Komentar

    • Cirul
      August 20, 2019 at 2:09 pm

      Sudah saya coba RBTUNREG, RBT UNREG kirim ke 1212 tetep tidak bisa

      Balas Komentar