Follow Us

  • Share

    Penasaran Berapa Gaji Seorang Pilot? Cek di Sini!

    Berprofesi sebagai pilot adalah hal yang membanggakan dan memiliki tanggung jawab yang besar. Jika dilihat dari keterampilan yang dimiliki dan tanggung jawab luar biasa, tidak heran jika gaji pilot terbilang tinggi.

    Pada saat melangkah ke dalam kabin pesawat, kita sebagai penumpang secara otomatis menaruh kepercayaan kepada pilot.

    Karena itu banyak yang bertanya berapa sebenarnya gaji yang didapatkan oleh pilot Indonesia? Untuk Anda yang penasaran, simak langsung jawabannya di bawah ini!


    1. Garuda Indonesia

    1. Gaji First Officer Garuda

    Bagi lulusan akademi pilot Garuda yang sudah diterima kerja oleh Garuda, ia akan mendapatkan jabatan awal sebagai first officer dengan gaji saat ini kurang lebih sebesar 20 juta rupiah, dan hanya boleh mengemudikan jenis pesawat kecil dengan tujuan jarak dekat.

    Gaji pilot Garuda Indonesia sebagai FO (First Officer) sudah cukup tinggi meskipun masih minim pengalamannya.

    2. Gaji Kapten Pilot Garuda

    Jabatan paling tinggi dalam pilot Garuda adalah kapten. Jabatan seorang kapten sangatlah penting karena bertanggung jawab atas semua penerbangan pada saat pesawat mengudara.

    Semua pusat kendali dan keputusan terletak pada seorang kapten pilot, gaji yang didapatkan oleh seorang kapten hampir menembus 50 juta bahkan bisa lebih.

    Yang di jelaskan di atas yaitu besaran gaji pilot Garuda yang terbaru. Gaji tersebut bisa lebih tinggi secara bertahap sesuai dengan lamanya bekerja, jenjang karir dan prestasi tertentu yang belum tentu dimiliki oleh pilot lain.

    Setelah Anda menyimak ulasan gaji pilot Garuda Indonesia ini mungkin Anda akan mengarahkan cita2 anak Anda yang sejak kecil ingin menjadi plot.


    2. Citilink

    Citilink adalah salah satu maskapai penerbangan terbaik di Indonesia. Maskapai ini memiliki banyak sekali pesawat yang melayani berbagai rute baik dalam negeri atau luar negeri.

    Setiap tahunnya ada pembukaan lowongan pilot Citilink dengan iming-iming gaji pilot Citilink yang sangat besar. Dengan menjadi pilot Citilink, Anda bisa menikmati gaji hingga mencapai 48 juta rupiah perbulannya. Angka tersebut belum termasuk dengan tunjangan kerja lainnya.

    Gaji pilot pemula untuk Citilink berkisar 15 sampai 20 juta rupiah setiap bulan. Semakin bertambahnya jam terbang seorang pilot, maka ia bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Co Pilot mempunyai tugas untuk mendampingi kapten pilot selama penerbangan berlangsung.

    Keahlian yang dimiliki mesti seimbang dengan kapten pilot. Gaji co pilot ini bisa mencapai antara 30 juta sampai 40 juta rupiah tiap bulannya. Jika seorang copilot kemampuannya semakin terlihat dengan jam terbang yang banyak, maka naiklah ia menjadi seorang kapten.

    Kapten mempunyai tanggung jawab yang besar karena ia harus memiliki kemampuan untuk menggaransi bahwa penerbangannya berjalan lancar.

    Seorang kapten pilot pun bertindak sebagai pengambil keputusan di berbagai kondisi penerbangan. Seorang kapten pilot Citilink bisa membawa pulang penghasilan mulai 45 hingga 47 juta rupiah setiap bulannya.


    3. Lion Air

    Kandidat yang terpilih dalam program kadet Wings Flying School selanjutnya akan mengikuti pendidikan 14 bulan, lalu disediakan pinjaman biaya pendidikan hingga 90% dan jaminan langsung bekerja sebagai pilot di Lion Air atau Wings Air.

    Setiap lulusannya mendapatkan sertifikat Commercial Pilot License dan Instrument Rating dan juga mendapatkan pola karir yang jelas mulai dari Kadet/Ab-Initio kemudian FO selanjutnya Captain dan terakhir Instructor atau di management.

    Gaji pilot Lion Air adalah 45 juta rupiah per bulan, untuk co pilot sekitar 35 juta rupiah per bulan. Angka tersebut belum termasuk berbagai tunjangan lain yang akan didapat. Ada flight allowance yang besarnya sampai 10 juta rupiah per bulan.

    Lion Air sendiri lebih senang untuk merekrut pilot dari luar negeri / luar Indonesia. Karena gaji yang dibayarkan lebih murah.

    Flight allowance itu uang terbang yang perhitungannya per jam pada saat terbang. Besarannya bisa mencapai 60 ribu hingga 100 ribu rupiah per jam, dan dalam sebulan seorang pilot bisa menyelesaikan sampai 80 jam terbang.

    Uang insentif bonus dan tunjangan hari raya besarannya juga bisa mencapai 3,5 kali gaji pokok per tahun. Kemudian ada uang pensiun yang besarannya bisa puluhan kali gaji pokok.

    Baca Juga: Contoh Lengkap Slip Gaji Karyawan!


    4. AirAsia

    Maskapai AirAsia Indonesia adalah lisensi dari AirAsia International yang berasal dari Malaysia dan terkenal dengan tarif pesawat berbiaya murah. Air Asia Indonesia memiliki home base di  Bandara Soekarno-Hatta Jakarta dengan armada berupa pesawat jenis Airbus.

    Pengoperasian armada Airbus di AirAsia didukung oleh pilot yang sangat berpengalaman. Gaji pilot AirAsia saat ini kurang-lebih 35,9 juta rupiah per bulan untuk gaji pokoknya.

    Gaji yang di dapatkan oleh para pilot AirAsia tidak hanya gaji pokok, sebab masih ada penghasilan lain yaitu flight allowance (uang terbang) dengan besaran 60 ribu rupiah setiap jamnya.

    Setiap hari para pilot AirAsia bisa mengangkasa sampai 6 jam terbang. Gaji pilot Air Asia bila ditambah beberapa penghasilan tambahan lain totalnya bisa menembus angka 86,7 juta rupiah.

    Syarat pertama menjadi seorang pilot untuk tinggi badan setidaknya 170 cm untuk laki-laki dan 165 cm bagi perempuan. Kemudian harus berbadan sehat diantaranya mata dengan penglihatan bagus dan tak berkacamata minus.

    Bagi yang buta warna tidak diizinkan untuk menjadi pilot sebab bermacam indikator tanda dan kode di dunia penerbangan mengandalkan warna untuk penanda. Ketentuan lainnya yakni pendidikan minimal SMA jurusan IPA atau SMK.

    Baca Juga: Berapa Gaji PNS di Tahun 2021?

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah