Follow Us

  • Share

    20 Kebiasaan Sehat yang Mudah Anda Mulai Sekarang

    Atmosfir memulai lembar baru masih terasa di awal tahun ini, tentunya masing-masing dari kita mempunyai harapan baik di tahun baru ini. Demi kebaikan Anda, bagaimana jika Anda memulai kebiasaan sehat untuk diri Anda sendiri terlebih dahulu? Memang mengubah kebiasaan menantang akan tetapi apakah Anda tidak bosan dengan situasi yang sekarang? Mengubah perilaku mengarah pada tujuan yang kita inginkan tentunya memerlukan proses.

    Ingat apa yang dikatakan orang-orang zaman dahulu, Kota Roma tidak dibangun dalam sehari. Percayalah pada diri Anda, perjuangan menuju perilaku sehat menjanjikan kualitas hidup yang lebih baik daripada sebelumnya.

    Kebiasaan-kebiasaan sehat ini membawa manfaat yang tidak Anda kira. Pertama, dengan hidup lebih sehat baik itu dengan berolah raga dan memilih makanan yang lebih bernutrisi memberikan sebuah semangat baru, Anda akan merasakan lebih enerjik dan berstamina sehingga bisa melakukan banyak kegiatan tanpa merasa letih. Ditambah lagi dengan manfaat pada penampilan Anda. Dengan mengonsumsi makanan yang alami, tampilan pada kulit akan lebih cerah. Kulit lebih bening adalah idaman kita semua, bukan?

    Nah Sepulsa Mate, Sepulsa juga ingin sehat di tahun baru ini. Kami tahu kok kalau Sepulsa Mate suka sibuk, makanya dari itu kami akan berbagi informasi mengenai kebiasaan sehat yang mudah Anda coba dimanapun dan kapanpun. Walaupun kebiasaan kesehatan ini terlihat kecil namun bisa memberikan dampak yang sangat terlihat. Sama seperti apa perkataan orang bahwa semua mimpi besar dimulai dengan langkah-langkah kecil.

    20 Kebiasaan Sehat yang mudah Anda lakukan!

    Bergerak

    shutterstock_160978433

    1. Jika ada eskalator atau elevator, pilihlah menaiki tangga. Dengan menaiki tangga Anda akan melatih otot Anda dan membakar lemak. Bayangkan jika Anda lakukan itu sehari-hari, Anda bisa bayangkan seberapa banyak kalori yang Anda bakar.

    2. Usahakan bergerak setiap jam atau cobalah berdiri lebih banyak. Menurut berbagai studi kesehatan, terlalu banyak duduk dapat menimbulkan banyak penyakit salah satunya adalah tekanan darah tinggi. Nah, maka dari itu yuk beranjak dari tempat duduk.

    3. Jika ada tujuan yang dekat, lebih sehat kamu berjalan kesana. Berjalan merupakan salah satu cara untuk berpetualang mengenal lingkungan Anda dan sekaligus bekerja menambah olahraga Anda. Kalau Anda membawa kendaraan Anda bisa parkir agak jauh dan berjalan menuju ke tujuan Anda.

    4. Jadikan berolahraga bagian dari rutinitas Anda. Selain Anda berjalan dan menaiki tangga, menambah olah raga bisa membantu Anda menjaga kesehatan. Cobalah berolahraga ringan selama 30 menit secara rutin dan Anda pantau hasilnya terhadap badan Anda.

    5. Jangan lupa untuk track atau pantau langkah-langkah Anda. Adapun langkah ideal sehari-sehari yang bisa Anda coba sebesar 10.000 langkah. Anda bisa memantaunya melalui bermacam-macam aplikasi di smartphone Anda seperti aplikasi Runtastic Pedometer yang tersedia di Google Play dan Apps Store.

    6. Adapun tambahan yang bisa kamu lakukan adalah stretching. Stretching cukup baik untuk melenturkan otot-otot yang tegang akibat aktivitas sehari-hari dan juga merelaksasikannya. Dengan stretching Anda bisa merasakan lebih enerjik dan situasi mood yang lebih ceria.

    Makan

    shutterstock_411563779
    7. Mulailah memilih makanan utuh (whole food) dibandingkan dengan junk food atau makanan yang diproses. Makanan yang terbuat dari bahan-bahan yang sedikit biasanya lebih sehat. Jika makanan terbuat dari bahan-bahan yang Anda tidak kenal seperti bahan kimia tentunya kurang baik jika dikonsumsi terus menerus.

    8. Minumlah air. Cara mudah menyiasati kebiasaan ini adalah membawa botol minum kemana Anda berada. Banyak manfaat meminum air seperti menghidrasi tubuh, membantu menurunkan gula darah, dan lainnya sebagainya. Pilihlah air dibandingkan minuman bersoda. Karena minuman bersoda memiliki kandungan gula yang tinggi.

    9. Mulai memasukkan sayuran dalam makanan sehari-hari. Tubuh Anda tak hanya memerlukan protein dan karbohidrat. Tubuh Anda memerlukan nutrisi dan serat yang ada pada tumbuhan. Agar ketahanan tubuh Anda terjaga, mulailah memakanan sayuran.

    10. Cobalah memasak makanan sendiri agar Anda tahu cara pemrosesan makanan yang Anda makan. Anda juga bisa mengatur takaran makanan yang sesuai dengan proporsi tubuh Anda.

    11. Bacalah label makanan. Anda sebaiknya mengetahui makanan Anda terbuat dari apa. Jika makanan terlalu banyak bahan pengolah, sebaiknya Anda mulai menguranginya. Akan lebih baik jika Anda makan makanan yang terbuat dari bahan-bahan alami.

    12. Makanlah dalam situasi sadar. Kadang saat menonton tv sambil makan cemilan, kita suka tidak sadar bahwa makanan yang kita makan sudah habis. Ini bisa menimbun kalori dalam tubuh Anda. Anda bisa mulai mengurangi ini dengan cara makan dalam situasi sadar. Sadar akan makanan yang Anda makan baik dari sisi porsi, komposisi dan waktu. Ambillah waktu untuk mengunyah dan mengecap rasa dari makanan tersebut.

    13. Buatlah jurnal makanan. Anda sebaiknya mengetahui apa saja yang Anda makan dan mengaturnya dengan menulis apa saja yang Anda makan dalam jurnal makanan.

    Kehidupan Sehari-hari

    kzzyrizcwtw-matthew-henry

    14. Berpikir positif. Ambilah satu waktu baik itu sejam penuh untuk mengatakan pada diri Anda untuk mulai mendengar suara positif dan menghindari suara negatif. Bisa juga Anda mulai dengan belajar menyukai Anda sendiri. Dengan ini Anda bisa mulai merasa kebahagiaan secara perlahan-lahan.

    15. Atur goal dan langkah-langkah mewujudkannya. Tahun baru identik dengan resolusi menjadi lebih baik. Agar mewujudkan mimpi Anda, Anda perlu untuk mengetahui goal Anda terlebih dahulu. Setelah itu Anda perlu juga memikirkan langkah aksi untuk mewujudkannya.

    16. Atur tidur yang baik. Tidur yang cukup adalah penting untuk menurunkan resiko penyakit, membantu menurunkan berat badan, dan restorasi energi untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari. Tidur yang lebih baik adalah 7-9 jam setiap malam.

    17. Mulailah menghindari merokok. Selain kesehatan pernapasan yang dipertaruhkan, merokok juga semakin memperburuk komplikasi pembuluh darah. Jika Anda diabetesi dan merokok, kondisi gula darah Anda akan semakin memperburuk.

    18. Lebih sering tertawa. Tertawa membuat Anda bahagia dan juga baik untuk kesehatan.

    19. Beranikan diri untuk mengatakan ‘tidak’ sesekali. Anda tidak harus selalu menerima atau meng-iyakan jika ada yang meminta tolong. Jika Anda sibuk atau Anda merasa terbebani, sebaiknya Anda tolak secara halus.

    20. Tulislah hal-hal yang membuat Anda bersyukur sehari-hari.

    Beli Pulsa di Sepulsa

    Artikel Seru buat kamu

    Beli kebutuhan mu disini yah